Mentan Kejar Target Luas Tanam Padi Capai 7 Juta Ha dalam 5 Bulan

Jakarta – Guna menambah produksi beras, Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya untuk meningkatkan luas tambah tanam (LTT) padi dan serapan gabah (sergab) nasional.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menargetkan peningkatan LTT padi di 17 Provinsi menjadi 7 juta hektare (ha) bulan lima bulan mendatang.

“Sampai September kami harapkan jangan di bawah 6 juta (hektare), kalau bisa 6,5 hingga 7 juta, syukur-syukur bisa 7 juta. Karena Oktober-Maret di atas target, jangan kendor, tidak boleh mundur,” kata Amran di Kementan, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Sementara untuk target Sergab untuk tahun ini mencapai 75 juta ton. Dengan serapan gabah nasional per hari mencapai sekitar 20 ribu ton. Target tahun ini lebih tinggi dari target tahun lalu yang sebanyak 73 juta ton.

“Tahun ini target serapan gabah 75 juta ton, tahun kemarin target 73 juta ton, realisasi tahun lalu 78 juta ton. Ya bisalah di atas target. Serapan gabah ternyata kalau dihitung-hitung bisa 20.000 per hari, hari ini mungkin 17.000 ton,” terangnya.

Oleh sebab itu agar dapat mencapai target yang telah ditentukan, ia meminta seluruh jajarannya di setiap wilayah untuk dapat bekerja dengan serius.

“Alhamdulillah dalam rakor ini untuk memanaskan tim Sergab dan LTT, karena ada penurunan sedikit, sehingga ini harus dipacu ke depan LTT Mei, Juni, Juli, Agustus, September, lima bulan ke depan. Setelah kami hitung-hitungan tadi semoga di atas target dan kami yakin di atas target,” tuturnya. (hns/hns)

Sumber detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...