Menkop Dorong UMKM Pasarkan Produknya secara Online

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyebut saat ini terdapat 132.000 lebih penduduk Indonesia telah menggunakan akses internet sebagai sarana komunikasi.

Dengan itu, menurut Puspayoga, internet merupakan pasar yang potensial bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan hasil usahanya.

“Ini merupakan pasar yang sangat potensial untuk pelaku UMKM yang jumlahnya kurang lebih 59 juta,” ujar Puspayoga saat meresmikan Hari UMKM Online Nasional di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Puspayoga mengatakan, era teknologi mengharuskan pelaku UMKM merambah teknologi internet agar dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan daya saing UMKM.

Menurutnya, pemerintah pun siap hadir dalam rangka memfasilitasi UMKM masuk ke dalam dunia digitalisasi.

“Semoga pemerataan ekonomi digital ini bisa membangun Indonesia sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo, yakni menjadi bagian kekuatan digital di Asia,” kata Puspayoga.

Kemenkop mencanangkan hari UMKM Online Nasional yang ditandai dengan gerakan 100.000 UMKM online atau UMKM Go Online di 30 kota seluruh Indonesia.

Gerakan tersebut merupakan kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Nurbaya Initiatives yang akan berlangsung dari 31 Maret sampai dengan 2 April 2017.

Pemerintah menargetkan sebanyak 8 juta UMKM yang masuk pasar digital hingga 2020, dan diharapkan pada akhir 2018 sebanyak 2 juta UMKM sudah masuk pasar digital.

Adapun pendaftaran UMKM Go Online dapat dilakukan dengan mengisi formulir online di http://umkmonline.id.

Para pelaku UMKM nantinya juga akan mendapat domain (.id) dan hosting gratis untuk keperluan pemasaran produk via internet, dan produk UMKM yang telah terdaftar akan dipasarkan melalui situs belanja online seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Elevenia, Blanja.

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...