Menkominfo Rudiantara: Berita Hoax Sudah Jadi Isu Global

JAKARTA – Berita hoax menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara ternyata sudah menjadi isu global.

Hal itu disampaikan dalam forum diplomatik Hari Kebebasan Pers Sedunia bertajuk ‘Media Mainstream vs Media Sosial’, Kamis (27/4/2017), di Tanah Abang, Jakarta.

“Berita hoax atau berita palsu sudah tidak lagi menjadi isu nasional, melainkan isu global, meskipun berbeda secara kualitas dan kuantitasnya,” ucap Rudiantara.

Rudiantara kemudian memberi contoh maraknya berita hoax yang belum lama ini terjadi, yaitu saat Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Karena yang (kerap) diangkat dalam konteks pilkada sudah beragam. Dari isu kesatuan, sampai isu primordialisme, dan sebagainya,” katanya.

Meskipun menurut Rudiantara berita hoax secara kuantitas menurun di pilkada putaran kedua, namun secara kualitas sama buruknya.

Rudiantara juga menceritakan tentang sebuah artikel yang dibacanya dari media Rusia, yang membuatnya berpikir berita hoax sudah menjadi masalah global.

“Dalam artikel itu tertulis bahwa juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia mendesak Sekjen PBB agar mencari cara untuk menangani berita palsu,” kata Rudiantara lagi.

Forum diplomatik pada hari itu diselenggarakan oleh RRI World Service (Voice of Indonesia), bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dalam forum tersebut dibahas fenomena penyebaran informasi yang saat ini ada di tengah masyarakat, termasuk penggunaan media sosial dan penyebaran berita hoax.

Sumber Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...