Menhub: Jalan Raya di Indonesia “Dizalimi” Truk

Karawang Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kamis (27/4/2017) melakukan kunjungan kerja ke jalur Pantai Utara (Pantura) Karawang.

Dalam kunjungannya, Menhub meninjau fasilitas Jembatan timbang Balonggandu di Karawang.

Menhub Budi Karya mengatakan, selama ini jalan raya di Indonesia terus dirusaki oleh truk. Muatan barang yang dibawa oleh truk yang berlebih menyebabkan jalan tidak mampu menampung.

“Selama ini kita merasa jalan-jalan kita dizalimi, karena ada berat tidak pada proporsi yang benar. Oleh karenanya, oleh karena nya dimana yang tidak difungsikan kita fungsikan ini (jembatan timbang),” ujar Menhub Budi Karya.

Dia menegaskan, pengambilalihan operasioanal Jembatan timbang dari pemerintah daerah ke Kementerian Perhubungan tidak hanya untuk mendapat Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Akan tetapi, hanya semata untuk mengawasi muatan berat yang dibawa oleh truk.

“Esensi dari Jembatan timbang adalah bagaimana kita melakukan kontrol pada berat badan yang melalui jalan-jalan,” katanya.

Kemenhub akan berkordinasi dengan Kementerian PUPR untuk terus memantau truk untuk tidak mengangkut melebihi muatan yang ditetapkan. Sehingga, ke depannya jalan-jalan raya tidak selalu rusak jika dilewati oleh truk-truk.

“Bahwasanya jika ada kekurangan kita bersama-sama Kementeria PUPR melengkapi. Jalan kurang lebar kita lebarkan, tidak ada parkir kita buat parkir, tidak ada penumpukan logistik kita adakan, makanya nanti ini lengkap,” katanya.

Sebelumnya, Kemenhub pada April 2017 ini kembali mengoperasikan Jembatan timbang di seluruh Indonesia. Dari 141 jembatan timbang, terdapat 25 Jembatan timbang yang dioperasikan oleh Kemenhub.

Dalam kunjungannya kali ini Menhub ditemani oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (Kementerian PUPR) Arie Setiadi Moerwanto dan Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat Kemenhub, Eddi.

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...