Mengenal Ketua KPU dan Bawaslu Periode 2017-2022

JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah melantik komisioner dua lembaga penyelenggara pemilu di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Ketua Komisi Pemilihan Umum dan juga Ketua Badan Pengawas Pemilu sudah terpilih untuk menggantikan ketua sebelumnya. Siapa saja mereka dan bagaimana rekam jejak mereka?

KPU telah terlebih dahulu mendapuk Arief Budiman sebagai ketua pada Rabu (12/4/2017). Arief akan memimpin lembaga itu hingga lima tahun ke depan.

Arief, bukanlah orang yang asing dalam kepemiluan. Perode sebelumnya saat Husni Kamil Manik (almarhum) masih memimpin KPU, Arief adalah anggotanya.

Ia terpilih kembali menjadi komisioner KPU dari hasil voting usai uji kelayakan dan kepatutan di depan Komisi II DPR setelah mengantongi 30 suara

Sebelum menjadi Komisioner KPU Arief dikenal sebagai Komisioner KPU Jawa Timur selama dua periode 2003-2008 dan 2008-2012. Ia terpilih menjadi Komisioner KPU periode 2012-2017.

“Iya, saya yang diberikan amanah untuk menjadi Ketua KPU melalui musyawarah yang tadi dilakukan oleh para komisioner yang lain,” ujar Arief di Kantor KPU kemarin.

Tidak hanya KPU, Bawaslu juga telah memilih Abhan sebagai ketua pada Kamis (13/4/2017) siang melalui rapat pleno yang dilakukan oleh pimpinan Bawaslu.

Dalam melakukan pengawasan pemilu, Abhan bukanlah orang baru. Sebelum menjadi pimpinan Bawaslu RI, Abhan diketahui telah menjabat sebagai Ketua Bawaslu Jawa Tengah.

Selain itu, dirinya juga dikenal aktif terlibat dalam ormas yang memiliki perhatian pada kepemiluan, Centre of Society Development for Democracy (Cosdec) Jawa Tengah.

“Saya dapat kepercayaan dari kawan-kawan untuk menjadi ketua,” kata Abhan dalam konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta.

Berikut pengurus lengkap KPU-Bawaslu periode 2017-2022.

Ketua Bawaslu RI: Abhan

Koordinator SDM dan Organisasi Bawaslu : Abhan

Koordinator Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu : Mochammad Afifuddin

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu : Fritz Edward Siregar

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu : Ratna Dewi Petallolo

Koordinator Penyelesaian Sengketa Bawaslu : Rahmat Bagja.

Ketua KPU : Arief Budiman

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU : Ilham Saputra (Ketua) dan Hasyim Asy’ari (Wakil Ketua);

Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik KPU: Pramono Ubaid Tanthowi (Ketua) dan Viryan (Wakil Ketua);

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU : Hasyim Asy’ari (Ketua) dan Evi Novida Ginting Manik (Wakil Ketua);

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU : Wahyu Setiawan (Ketua) dan Iham Saputra (Wakil Ketua);

Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi dan Hubungan antar Lembaga KPU : Viryan (Ketua) dan Pramono Ubaid Tanthowi (Wakil Ketua);

Divisi Umum, Rumah Tangga dan Organisasi KPU : Evi Novida Ginting Manik (Ketua) dan Wahyu Setiawan (Wakil Ketua).

Sumber Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...