Menerjemahkan Pikiran ke Dalam Tulisan

MENTERJEMAHKAN pikiran dan pendapat ke dalam bahasa tulisan bukan hal yang mudah dilakukan. Hanya dengan kemauan keras sajalah hal itu bisa diwujudkan 25 peserta dari LIPI yang mengikuti pelatihan menulis opini.

‘’Ternyata perlu waktu semalaman untuk membuat tulisan. Bahkan sampe sulit memejamkan mata,’’ ujar staf Inspektorat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Veni Robiatal Adawiyah di Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/4).

Veni merasakan betul bagaimana sulitnya menyusun kalimat yang harus bisa dipahami oleh pembaca. Namun ketika tulisan itu terwujud ia mengaku merasa lega, walau dalam evaluasi masih ada yang harus diperbaiki. ‘’Plong rasanya ketika tulisan sudah jadi walau belum tuntas seluruhnya,’’ papar perempuan berhijab ini tertawa kecil.

Ia berjanji akan terus berlatih agar bisa menuangkan pendapat dan pikirannya dalam tulisan yang populis.

Dalam ajang tersebut, peserta bukan hanya diajak untuk berlatih menulis opini tapi juga menulis berita singkat. Penulisan opini dan penulisan berita merupakan dua hal berbeda. Namun kedua hal itu disambut antusias karena dianggap bisa menjadi bekal bagi mereka yang mengelola laman di unit kerja masing-masing.

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...