Mendikbud Setuju 7 November Hari Wayang

KEBERADAAN wayang di Tanah Air harus dilestarikan dan dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan untuk menambah peningkatan karakter anak bangsa. Sebagai simbolisasinya, kini sedang diupayakan adanya Hari Wayang pada 7 November.

“Wayang itu produk warisan budaya adiluhung yang sarat dengan nilai nilai keutamaan. Jadi sangat cocok untuk media pendidikan karakter. Oleh sebab itu harus dilestarikan dan dimanfaatkan sebagai media pendidikan,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy saat membuka Kongres ke IX Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (Senawangi) di Gedung Pewayangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Rabu (26/4).

Dalam kesempatan itu, Mendikbud juga menyatakan dukungannya atas aspirasi yang berkembang pada kongres yang meminta tanggal 7 November sebagai Hari Wayang.

“Ya saya setuju dan akan diupayakan mengingat 7 November 2003 hari bersejarah yakni wayang Indonesia menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO,” tegas Muhadjir.

Terkait hal tersebut, Ketua Umum Senawangi terpilih periode 2017-2022, Suparmin Sunjoyo mengapresiasi sikap pemerintah yang akan memperjuangkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang.

“Ini memang keinginan kita bersama karena wayang kita telah menjadi warisan dunia pada tanggal tersebut,” kata Suparmin menjawab Media Indonesia.

Suparmin mengungkapkan seluruh peserta sepakat membuat deklarasi tentang wayang. Deklarasi itu antara lain mengukuhkan bahwa seni pertunjukan wayang merupakan kearifan lokal, bangsa Nusantara yang mengungkap ajaran moral spiritual bagi masyarakat. Wayang sebagai aset budaya bangsa dapat mendukung upaya peningkatan aktualisasi nilai nilai Pancasila .

“Aktualisasi nilai Pancasila melalui dunia pewayangan untuk membangun bangsa yang berkepribadian agar mampu hidup dengan berbudi luhur dan menjadi manusia bermartabat,” kata Suparmin. (X-12)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...