Mencari Keadilan, Partai Republik Sambangi Mahkamah Konstitusi

JAKARTA, REPUBLIK – Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Republik menyambangi Gedung Mahkamah Konstitusi (MK)  di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat,  dipimpin oleh Mayjen TNI (Purn) Asep Kuswani, Sip, MSc, rombongan datang tepat pada pukul 11.00 wib, Selasa (08/05).

Menurut Mayjen (Purn) Asep Kuswani, kedatangan Partai Republik ke MK dengan tujuan utama untuk mencari keadilan, dimana Partai Republik sudah terdzalimi oleh penyelenggara Pemilu dan penegak hukum, sehingga tidak diloloskan menjadi peserta pemilu 2019.

“ Kalau partai lain diikutkan masa Partai Republik tidak, harusnya disamakan dengan partai yang lain. Partai kita resmi dan mempunyai legalitas, semua persyaratan sudah dilengkapi dan kepengurusan lengkap ada di 34 provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen tingkat kecamatan,” ujarnya. Lanjut Asep, partai besutan Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. Suharno Prawiro, MM tersebut, sudah diperlakukan secara tidak adil, mendapat ketidaksamaan perlakuan dengan Partai peserta Pemilu lain oleh KPU.

“ Seharusnya penyelenggara pemilu tetap memakai azas keadilan Sesuai UUD 45 dan Pancasila,” tegasnya.

Selain itu, Asep menilai, konteks pemilu saat ini diduga telah ada upaya penjegalan terhadap partai politik baru, hal itu seperti dikutip dari pernyataan Ahli Hukum Tata Negara, Refly Harun yang dalam kesaksiannya dalam sidang di PTUN Jakarta pernah menyebutkan bahwa, langkah yang penjegalan partai baru adalah dengan memperberat syarat untuk mendirikan partai politik, memperberat syarat untuk memperoleh badan hukum, memperberat syarat untuk ikut dalam pemilu,  dan menerapkan sistem parliamentary threshold.

“Syarat-syarat yang harus dipenuhi memang tercantum dalam undang-undang nomor 7 Tahun 2017, tetapi yang menjadi persoalan adalah didalam pelaksanaannya,” tandas Asep.

Dengan akan diajukannya uji materi di Mahkamah Konstitusi ini, Asep Kuswani berharap, Partai Republik dan seluruh partai yang tidak lolos, agar dapat diikutsertakan dalam pemilu 2019 mendatang.

“ Insya Allah minggu ini kita akan mendaftarkan ke MK, dan dapat menguji materi disini. Selama masih ada nafas, Partai Republik akan terus berjuang mati-matian hingga tetes darah penghabisan, kita telah mengorbankan banyak waktu, tenaga dan biaya, bahkan sampai ada pengurus DPW yang meninggal dan kecelakaan demi memenuhi persyaratan agar partai kita lolos,” pungkasnya. (Dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HADIRKAN SAKSI AHLI, PARTAI REPUBLIK JALANI SIDANG DI PTUN JAKARTA

“Andaikan PARTAI MALAIKAT menjadi calon peserta Pemilu, tetap tidak akan diloloskan oleh KPU…..” (Warsono) JAKARTA, ...