Membangun dari Akar Rumput

DUA tahun pascalulus dari sekolah vokasi jurusan Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2010, Ahmad Sobirin, 30, menjajal berbagai usaha dan pekerjaan, baik usaha pencucian baju, guru privat, maupun bekerja di Krakatau Steel.

Pada 2012 ia memutuskan kembali ke kampungnya, Desa Semedo, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng). Setelah usaha budi daya jamur tiram putih dan jualan esnya gagal. Lalu, Maret 2012 ia mengumpulkan para pen­deres satu RT untuk membentuk kelompok petani penderes Manggar Jaya. Pasalnya kesejahteraan para penderes di desanya rendah. “Saya bersama para petani memutuskan memproduksi gula semut. Selama ini petani hanya produksi gula merah,” ujarnya.

Selama berbulan-bulan Sobirin mengembangkan gula semut. Namun, ia masih bingung soal pemasaran. “Ada jalan ketika dinas dan Bappeda membuatkan situs gugus UMKM. Dari situlah akhirnya kenal sama eksportir yang siap memasarkan produk gula semut. Selain itu, ada bantuan dari dinas berupa peralatan oven. Awal 0,5 kuintal, kini mampu memproduksi 10-15 ton setiap bulan,” kata peraih SATU Indonesia Awards 2016.

Sobirin salah satu dari contoh pemuda Indonesia yang kembali ke desa untuk mengembangkan potensi daerah. Syamsul Arifin asal Malang mengumpulkan warga untuk membuat keripik pisang. Di Purbalingga, para pemuda dalam Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Sejahtera Pujon Kidul membuat desa wisata. Tujuan mereka agar warga sejahtera.

Kembalinya para pemuda untuk mengembangkan desa menjadi bukti nyata kerja para pemuda itu menjadi bukti peringatan Hari Kebangkitan Nasional. “Di era Pak Jokowi dengan adanya dana desa, desa menjadi menarik dan aplikasi (IT), ini kesempatan yang baik untuk mengembalikan kaum muda ke desa,” jelas praktisi bisnis Rhenald Kasali saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (17/5). (LD/BN/Riz/M-4)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...