Memahami Pancasila dari Desa

PADA jarak sekitar 100 meter itu, tiga rumah ibadah berdiri dengan cukup megah. Dari gerbang pura, pemandangan pun makin cantik karena di balik puncak pura dengan ornamen yang eksotis, terlihat atap masjid yang berbentuk limas bertingkat.

Itulah pemandangan harmonis di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Harmoni itu pun bukan hanya soal letak rumah ibadah, melainkan sisi kehidupan masyarakat.

Saat kenduri kaum muslim, warga beragama Hindu dan Kristen menge­na­kan sarung, berbaju koko, dan bersongkok. Begitu pula saat menjelang Nyepi, sudah jadi pemandangan biasa pemuda muslim dan kristiani membantu membuat ogoh-ogoh dan meng­ikuti karnaval keliling kampung.

Kebersamaan juga kental soal urus­an permakaman dan penyediaan pe­ku­buran. Umat Islam memberikan sebagian lahan permakaman untuk umat Hindu. Dengan toleransi yang begitu kuat, Desa Balun pun kerap disebut sebagai ‘Desa Pancasila’.

Sejarah sebutan itu tidak diketahui secara persis. Namun, Kepala Desa Balun, Khusyairi, yang ditemui Media Indonesia, Jumat (12/5), menuturkan kehidupan bertoleransi sudah mendarah daging di sana sejak lama. “Kehidupan harmonis ini memang berlangsung alami tanpa dibuat-buat,” kata Khusyairi.

Sikap tenggang rasa dan toleransi itu juga merupakan ajaran pendiri desa, Mbah Alun atau yang diyakini juga sebagai Raja Blambangan bernama Bedande Sakte Bhreau Arih dengan gelar Raja Tawang Alun I. Karena itu, bagi warga Desa Balun, nilai-nilai Pancasila sejatinya memang sudah ada jauh sebelum Indonesia berdiri.

Karena itu pula, hingga kini mereka tidak pernah gamang dengan kebersamaan. Harmoni mereka pun tidak tergoyahkan oleh isu-isu politik.

Kesejukan serupa juga ada di Dusun Nogosari, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tempat yang juga berjuluk ‘Desa Pancasila’ ini memahami gotong-royong dan toleransi ialah keniscayaan dalam bermasyarakat. Sebab itu, mereka tidak pernah merasa aneh, apalagi mempertanyakan toleransi seperti yang terjadi sekarang ini. (YK/AT/M-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...