Media Center Jadi Penyeimbang Berita

UNTUK menjembatani kesenjangan informasi di wilayah timur Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar acara berupa bimbingan teknis untuk peningkatan kompetensi pengelola media center daerah di Hotel Santika Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (27/4).

Lebih dari 50 pengelola media center utusan pemerintah kabupaten/kota wilayah Indonesia bagian timur antusias mengikuti bimbingan teknis.

“Bimbingan teknis ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas dan kuantitas berita di daerah. Untuk wilayah Indonesia Timur perlu mendapat perhatian karena kesenjangan informasi, khususnya media online,” kata Sunaryo, Direktur Pengelola Media Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, kepada Media Indonesia di sela-sela kegiatan bimbingan teknis.

Dia menambahkan, dengan membanjirnya informasi termasuk berita-berita yang cenderung menyesatkan, Kemenkominfo terjun langsung untuk menyeimbangkan melalui kegiatan bimbingan teknis peningkatan kompetensi pengelola media center.

Ada pula kegiatan media luar ruang yang sudah beberapa kali diselenggarakan, seperti program editor meeting atau editor forum. Program-program tersebut mengajak masyarakat untuk berkomunikasi di ruang publik dengan sehat dan bermanfaat.

Kemenkominfo juga memberikan bantuan untuk media center berupa 7 komputer, 1 printer, dan 1 kamera kepada 277 daerah.

Bimbingan teknis peningkatan kompetensi pengelola media center didukung Media Indonesia dengan menghadirkan Asisten Kepala Divisi (Askadiv) Pemberitaan Victor Nababan, Askadiv Content Enrichment Sabam Sinaga, dan Kadiv Foto dan Artistik Haryanto.

Kemenkominfo juga mengevaluasi peserta untuk kategori berita dan foto. Media center yang menjadi juara pertama akan dilibatkan pada acara nasional.(YR/N-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...