Masyarakat Diminta Ikut Awasi Dana Desa

MASYARAKAT di Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), diminta ikut aktif dalam mengawasi dana-dana yang masuk ke desa. Apalagi, tahun ini desa-desa di kabupaten setempat mendapatkan gelontoran dana Rp1 miliar lebih per desa.

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad mengatakan bahwa dana desa (DD) Kebumen tahun ini mencapai Rp359 miliar, sedangkan alokasi dana desa
(ADD) mencapai Rp130 miliar. Sehingga total dana yang digelontorkan ke desa secara total mencapai Rp489 miliar lebih. “Dengan total Rp489 miliar lebih, maka desa-desa di Kebumen yang jumlahnya 449 desa, akan mendapatkan jatah kisaran Rp1 miliar lebih,” jelas Bupati, hari ini.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan DD dan ADD. Apalagi, selain DD dan ADD masih ada sumber-sumber pendapatan desa lainnya yang sah.

“Dengan semakin tingginya alokasi untuk desa, itu artinya desa semakin dipercaya. Karena itu, jangan sia-siakan kepercayaan tersebut. Kami juga minta agar masyarakat ikut serta melakukan pengawasan,” ujarnya.

Beberapa hari lalu, Pemkab Kebumen juga telah menggelar desimenasi sistem informasi desa (SID) dan sekolah desa dan anggaran (Sadar) untuk pemerintah desa, BPD dan masyarakat marjinal. Tujuannya adalah agar DD dan ADD nantinya bisa semaksimal mungkin dipakai untuk menyejahterakan masyarakat desa. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...