Manula Diminta Bantu Jaga Persatuan Bangsa

MANUSIA lanjut usia (manula) diminta ikut menjaga keutuhan dan persatuan Indonesia dengan menurunkan kearifan kepada para generasi muda. Dengan begitu, generasi penerus akan menjaga kebinekaan dan gotong royong.

“Para oma opa, kakek nenek, para opung agar turut menjaga para cucu, terlebih jika orangtua mereka sibuk bekerja,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-21, di Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi, kemarin. “Jadi, dengan kearifan itu, ajarkan generasi muda untuk menjaga NKRI,” lanjut Khofifah di hadapan 800 manula.

Pada acara tersebut, Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli dan wakilnya Fachrori Umar serta Bupati Merangin Al Haris ikut hadir.

Khofifah mengatakan, sebagai sosok yang sudah kenyang makan asam garam kehidupan, manula tentunya memiliki banyak kearifan dalam membangun kecintaan terhadap negeri, pentingnya persaudaraan, dan menjauhi perilaku saling membenci.

“Karena itu, hendaknya jangan pernah berhenti mentransformasikan nilai kearifan itu kepada generasi muda di lingkungan masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, generasi muda diharapkan senantiasa bersikap hormat kepada orangtua mereka, terutama yang sudah tua.

Pada acara yang mengambil tema Hidup bermartabat di usia senja, lansia sejahtera itu, Mensos meluncurkan senam Taici sebagai senam sehat manula dan memberikan penghargaan kepada sejumlah manula berprestasi dari seluruh Indonesia, termasuk manula tertua berusia 125 tahun, Umi Soimah.

Selain merayakan HLUN, Mensos meresmikan rumah baca dan bedah rumah bagi warga komunitas adat terpencil suku Anak Dalam di Desa Pemenang, Kecamatan Sialang, dan orang rimba di Sungai Surian di Pulau Lintang.

Berdasarkan data BPS 2015, jumlah manula di Indonesia ialah 25.546.170 jiwa atau 8,03% dari jumlah penduduk. Diproyeksikan, pada 2020 jumlah manula akan meningkat menjadi 10% atau 28.482.900 jiwa. Kemensos mencatat ada 2.127.780 manula yang telantar.(Ros/SL/H-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...