Makna Kemenangan Anies-Sandi Bagi Pemerintah Pusat

KEMENANGAN Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta memiliki makna yang luas. Terlebih bagi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

”Pertama, hasil tersebut meruntuhkan banyak tuduhan yang selama ini dialamatkan ke Presiden dan aparat negara. Sebelum pilkada, media sosial diramaikan dengan tuduhan Presiden melindungi Ahok, TNI-Polri juga dianggap tidak netral, KPU pun dituduh akan memenangkan Ahok Djarot,” ujar dosen ilmu komunikasi FISIP Universitas Airlangga Henry Subiakto, Rabu (19/4).

Selain itu beredar pula tuduhan bahwa lembaga quick count dan media mainstream akan memenangkan Ahok-Djarot, menggiring opini untuk melegitimasi hasil perhitungan KPUD yang menguntungkan petahana.

”Pokoknya kalau mengikuti media sosial, seakan begitu buruknya Pemerintahan Pak Jokowi, seakan-akan mau melakukan apa saja untuk memenangkan paslon nomor urut 2,” imbuhnya.

Makna kedua dari hasil kemenangan Anies-Sandi yang mencapai 58% tersebut, dimunculkan tuduhan tentang keberpihakan negara. Intinya ada upaya terstruktur dan masif bahkan zalim untuk memenangkan Ahok- Djarot. Indonesia pun akan gawat jika Ahok sampai menang. Itu sebabnya beberapa pihak ada yang mengancam melakukan demo besar-besaran.

”Tentu keadaan seperti ini tak dibiarkan oleh Presiden dan aparat negara. Polisi dan militer disiagakan penuh di DKI. Menko Polkam, Panglima TNI dan Kapolri pun menunjukkan kekuatan sekaligus menjamin Pilkada DKI aman,” tandas Henry.

Pilkada aman, semua kekhawatiran dan tuduhan-tuduhan pun tidak terbukti. Ini makna kedua yaitu NKRI terjaga dan semakin kuat dengan hasil Pilkada DKI sekarang ini.

Sekarang tinggal menunggu implementasi janji Anies-Sandi. Dalam pandangan Henry, Kalau sebagai gubernur nanti Anies berhasil lebih baik, karir politiknya bisa lebih panjang dan tinggi lagi. (OL-4)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...