Lithuania Siap Mendukung Bebas Visa ke Uni Eropa

PRESIDEN Lithuania Y. M. Dalia Grybauskaite bahagia bisa melakukan kunjungan bersejarah ke Indonesia. Dalam kunjungannya, Dalia menegaskan, Lithuania dan eropa siap mendukung Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dan negosiasi bebas visa ke Uni Eropa.

“Karena kerja sama ini akan mendatangkan pemasukan 2,5 miliar uero. Ini akan meningkatkan untuk kesejahteraan dan keamanan,” kata Dalia dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5).

Dalia mengatakan, dalam kunjungan kenegaraan ini, Lithuania-Indonesia juga menjalin kerja sama di bidang energi inovatif, LNG, penggunaan bio massa, solar, surya, dan ada kerja sama di bidang perhubungan.

Ia mengungkapkan, beberapa teknologi dari Lithuania sudah digunakan di Jakarta. Karena itu, ia menilai kerja sama ini baik untuj kedua negera, terutama dalam arus pariwisata.

“Dan, kami untuk pertukaran pelajaran, dan ada kompetisi sains untuk Indonesia bisa berkontribusi dari situ. Saya harap dengan kunjungan ini akan menjadi momentum dorongan untuk kedua belah pihak salah satunya di bidang pertanian. Karena lahan kami yang cukup baik,” pungkas dia. (MTVN/OL-6)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...