Layani Pelayaran Jakarta-Los Angeles, CMA-CGM Bidik Pasar Kargo 20 Persen

JAKARTA, Salah satu maskapai asal Perancis Compagnie Maritime d’Affretement – Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) menjalin kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II atau Pelindo II/IPC.

Kerja samanya adalah membuka layanan pelayaran kargo langsung Tanjung Priok ke West Coast (Los Angeles dan Oakland) Amerika Serikat dengan sistem weekly call atau sandar mingguan secara rutin.

Senior Vice President CMA-CGM Asia Jean-Yves Duval mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya kerja sama dengan IPC ini, pangsa pasar CMA-CGM bisa naik menjadi 20 persen di akhir tahun 2017.

“Kami berharap market share naik jadi 20 persen akhir tahun ini,” kata Duval berbincang dengan wartawan, Jakarta, Minggu (23/4/2017).

Duval mengatakan saat ini CMA-CGM Group memiliki empat perusahaan pelayaran di Indonesia, yaitu CMA-CGM ANL, APL, dan CNC yang menguasai pangsa pasar 13 persen.

CMA-CGM juga beroperasi di 159 negara lain selain Indonesia dengan jumlah jaringan seluruh dunia mencapai 600 kantor agen.

Salah satu alasan yang membuat CMA-CGM Group yakin membuka kerja sama pelayaran langsung dengan IPC rute Jakarta-Los Angeles adalah pasar Asia Tenggara dan khususnya Indonesia yang terus tumbuh.

“Kami di industri dimana konsumen selalu mencari pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik. Pasar Asia Tenggara adalah pasar yang besar, dan Indonesia peluangnya banyak. Kami yakin akan bisa menjawab kebutuhan konsumen dengan pelayaran langung ke AS,” kata Duval.

Sebagai informasi, daya saing Indonesia dibandingkan negara-negara lain di kawasan relatif rendah.

Mengutip data Bank Dunia, indeks kinerja logistik atau Logistic Perfomance Index (LPI) Indonesia pada tahun 2016 berada di peringkat 63 dengan skor 2,98.

Kinerja logistik Indonesia jauh di bawah Malaysia yang berada di peringkat 32 dengan skor 3,43 dan Singapura yang menduduki peringkat 5 dengan skor 4,14.

Ada enam indikator yang digunakan Bank Dunia untuk mengukur LPI, yaitu meliputi bea dan cukai, infrastruktur, kompetensi/kualitas jasa logistik, timeliness, international shipments serta tracking and tracing.

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...