Kuwait Ingin Tingkatkan Kerja Sama Parlemen dengan Indonesia

JAKARTA — Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menerima kunjungan Duta Besar Kuwait untuk Indonesia Abdul Wahab Abdullah Al-Saqar di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (17/4). Dalam kunjungan tersebut, Dubes Kuwait menyampaikan keinginanannya untuk membentuk Gabungan Kerja Sama Antar Parlemen (GKSAP) Indonesia–Kuwait.

Hal itu kemudian disambut baik oleh Fahri, ia menilai Kuwait adalah salah satu negara teluk yang cukup strategis untuk meningkatkan hubungan kerja sama di kawasan Timur Tengah. Terlebih lagi, kedua negara adalah anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Gerakan Non-Blok.

“Kuwait ini negara dengan sistem ke-emirate-an tetapi tradisi dan demokrasi  parlemennya relatif hidup,” ujar Fahri.

Di sisi lain, ia melanjutkan hubungan antara Indonesia dan Kuwait sudah berlangsung sejak lama sehingga diperlukan sebuah wadah untuk memperkuat kerja sama antar parlemen melalui pembentukan ‘friendship group’ atau GKSAP.

“Kita ingin kedatangan mereka ke sini (Parlemen) membuat mereka senang, feel at home. Juga kalau ada yang kurang lancar nanti bisa kita bantu untuk berkomunikasi dengan pemerintah. Kebetulan dalam waktu dekat, akan ada pertemuan Kementerian Luar Negeri kedua negara untuk membahas seluruh MoU dan kerja sama yang pernah dibuat dan apa yang perlu dilakukan ke depan,” kata Fahri.

Sumber Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...