Kuota Calhaj Kabupaten Sukabumi Tahun Ini Bertambah 376 Orang

KUOTA calon jemaah haji di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tahun ini bertambah. Tahun lalu, jumlahnya hanya 1.249 orang, tapi tahun ini naik menjadi 1.625 orang.

“Iya, tahun ini ada penambahan kuota sebanyak 376 orang,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Ramlan Rustandi, Kamis (27/4).

Menurut dia, penambahan jumlah kuota itu berdasarkan jatah yang sudah ditetapkan Gubernur Jawa Barat. Adanya penambahan itu tentunya sangat dinanti-nantikan karena selama ini animo masyarakat Kabupaten Sukabumi menunaikan ibadah haji relatif cukup tinggi.

“Yang berangkat tahun ini merupakan pendaftar pada 2012,” jelasnya.

Ia menambahkan, jumlah pendaftar calon jemaah haji pada 2012 tidak otomatis semuanya berangkat tahun ini. Sebagian di antaranya ada yang harus berangkat pada 2019.

“Yang mendaftar pada 2012 ada yang berangkat tahun ini, ada juga yang harus menunggu dua tahun lagi,” tuturnya.

Relatif masih banyaknya calhaj yang mendaftar berdampak terhadap masa tunggu. Mereka harus rela menunggu selama 12 tahun agar bisa berangkat ke Tanah Suci.

“Setiap bulan masyarakat yang mendaftar jadi calon jemaah haji bisa mencapai 300 hingga 400 orang. Banyaknya yang mendaftar berdampak terhadap masa tunggu. Tahun lalu hasil hitung-hitungan itu masa tunggu selama 11 tahun, tapi tahun ini masa tunggunya harus 12 tahun,” ungkap dia.

Meski begitu, Ramlan menyebutkan, masa tunggu selama 12 tahun di Kabupaten Sukabumi relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan daerah lain. Di sejumlah daerah masa tunggu keberangkatan ada yang mencapai 17 tahun.

“Kita dan Kabupaten Cianjur yang relatif lebih cepat waktu tunggu keberangkatannya. Daerah lain ada yang harus menunggu hampir 17 tahun,” sebutnya.

Ramlan belum bisa memastikan jadwal keberangkatan para calon jemaah haji nanti. Saat ini, Kementerian Keagamaan Kabupaten Sukabumi masih dalam tahap penentuan kelompok terbang (kloter) sambil menunggu pelunasan biaya naik haji dari para calon jemaah haji.

“Kalau secara nasional keberangkatan tahun ini jadwalnya pada 27 Juli,” tandasnya. (OL-2)
Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...