Kukuhkan Kebhinekaan Melalui Ketahanan Adat

Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) sedang mempersiapkan pesta akbar adat Batak Bolon serta rakernas nasional pada Juli 2017. Untuk mempersiapkan hal itu, pengurus PSBI di DIY dan Jawa Tengah, menggelar konsolidasi sekaligus pelantikan pengurus baru periode 2017-2022 di Yogyakarta, Senin (24/4) sore.

Menurut siaran pers yang diterima mediaindonesia.com, Selasa (25/4), menyebutkan Ketua Umum PSBI Effendi MS Simbolon yang melantik pengurus PSBI cabang Yogyakarta, Solo Semarang, Pekalongan, dan Brebes.

Menurut Effendi, PSBI merupakan perkumpulan atau paguyuban marga Simbolon yang ada di Indonesia. Perkumpulan itu berdiri sejak 10 tahun silam dan memiliki sekitar 300 ribu anggota di 106 wilayah di Indonesia. “Paguyuban ini untuk mewarisi adat istiadat batak yang menjadi bagian dari kebhinekaan Indonesia,” katanya.

Ia pun menyatakan PSBI memiliki anggota lintas agama dan menjunjung toleransi dalam menjalankan setiap kegiatan. PSBI juga diklaim sebagai organisasi apolitis dan aniaga, serta tidak berafiliasi pada kelompok politik tertentu meski banyak angggotanya menjadi politisi.

Pesta akbar adat Batak Bolon diperingati setiap 5 tahun sekali. Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Batak pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang diberikan dalam suka maupun duka. Salah satu­anya adalah pesta Horja yang biasanya dilakukan dengan membawa kerbau sebagai simbol rasa syukur atas kesuburan tanah.

“Hal semacam ini perlu diangkat kembali karena ketahanan masyarakat adat menjadi akar sekaligus pondasi kebhinekaan Indonesia. Terlebih Presiden juga telah sangat menekankan agar selalu menghargai dan memberi peran besar pada masyarakat adat karena merupakan kekuatan bangsa,” kata anggota DPR-­RI itu.

Dalam acara Pesta Bolon serta rakernas PSBI ke III pada 3-9 Juli 2017 mendatang, akan digelar ber­bagai kegiatan, mulai dari pekan olahraga seperti catur, lari maraton, serta berbagai ajang lomba seperti paduan suara, fashion show, hingga kegiatan sosial seperti donor darah, maupun kegiatan seni budaya adat Batak.

“Marga Bolon merupakan saah satu marga yang termasuk cukup tua di Batak. Marga Bolon juga merupakan salah satu marga dengan jumlah anggota keluarga paling banyak. Dan melalui PSBI inilah kita melakukan silaturahmi antarkeluarga,” tutupnya. (OL-1)
Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...