KPU: Pencoblosan Putaran Kedua Lebih Tenang dan Lancar

JAKARTA, Ketua KPU RI, Arief Budiman, mengatakan hari pencoblosan atau pemungutan suara putaran kedua Pilkada DKI Jakarta pada Rabu (19/4/2017) ini berjalan tenang. Dia tidak menerima laporan adanya gangguan proses pencoblosan.

“Saya melihat ini jauh lebih tenang. Secara keseluruhan tidak ada laporan yang luar biasa bisa mengganggu jalannya proses,” kata Arief di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu malam.

Arief mengatakan, putaran kedua Pilkada DKI Jakarta dijalankan sesuai jadwal. Selain itu, pelaksanaannya dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Arief berharap semua tahapan bisa terus berjalan sesuai jadwal hingga rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Pilkada untuk putaran kedua ini dijalankan bukan hanya on schedule, semua jadwal pas, tapi juga on the track, semua prosedur dijalankan dengan baik,” kata Arief.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, pencoblosan pada putaran kedua berlangsung lancar. Semua hal yang dikhawatirkan tidak terjadi pada pencoblosan pagi hingga siang tadi.

Yang masif seperti yang kita khawatirkan, di setiap TPS ada sekian ratus orang, tadi tidak ada sama sekali, lancar Alhamdulillah,” ucap Sumarno saat ditemui terpisah.

Sumarno mengatakan, situasi menjelang pencoblosan putaran kedua cukup tegang. Karena itu, KPU, Bawaslu, dan Polda Metro Jaya mengeluarkan maklumat bersama agar tidak ada pengerahan massa.

Sumarno bersyukur pengerahan massa tersebut tidak terjadi. Dia mengaku mendapat laporan adanya pengusiran pemilih, tetapi itu tidak masif.

Dia pun mengapresiasi TNI/ Polri. “Alhamdulillah, mungkin karena kesigapan aparat, polisi, TNI,” kata Sumarno.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...