Knowledge Sharing Forum KPU periode 2012 – 2017 dan 2017 – 2022

Bogor, Seringkali kita mendengar ungkapan Pengalaman adalah guru terbaik, bahkan mungkin ungkapan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Guru terbaik ialah suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi, yang dapat menjadi pelajaran maupun motivasi berharga dalam menentukan langkah berikutnya, Sabtu (20/5).

“Sharing-sharing ini bukan hanya sebagai informasi tapi juga sebagai narasumber dari ilmu pengetahuan kita dalam pengalaman mengelola pemilu,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Arief Budiman.

Hal tersebut diungkapkan Arief saat memberikan sambutannya dalam pembukaan Knowledge Sharing Forum antara KPU Periode 2012-2017 dan 2017-2022 di Bogor Jawa Barat. Hadir pada kegiatan tersebut Ketua, Anggota, dan Sekretaris Jenderal KPU RI, serta Anggota KPU RI periode 2012-2017 Juri Ardiantoro, Ferry Kurnia Riskiyansyah, Sigit Pamungkas, Ida Budhiati, dan Hadar Nafis Gumay.

Arief menambahkan, kegiatan berbagi pengalaman ini lebih unggul jika dibandingkan dengan mengikuti seminar atau workshop terkait penyelenggaraan pemilu. Karena, melalui forum ini, Komisioner baru bisa lebih mendapatkan pengetahuan dari individu yang terjun langsung mengurusi soal kepemiluan.

“Kita mendapat informasi dari orang-orangnya yang secara langsung betapa mudah dan canggihnya berpengalaman soal kepemiluan ini,” Kata Arief yang juga merupakan KPU periode 2012 – 2027.

Walaupun dalam kepemimpinan sosok Periode KPU sebelumnya belum terlalu sempurna, namun hal itu tidak menjadi alasan untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu dari mereka. Justru, dengan ketidaksempurnaan tersebut, KPU periode ini dapat mempelajari apa yang menjadi catatan sehingga dapat diperbaiki kedepannya.

“Ketidaksempurnakan akan digunakan sebagai bagian untuk melengkapi apa yang belum sempat dikerjakan periode sebelumnya bisa karena keterbatasan waktu maupun dana. Tentu, hal yang baik akan kita teruskan dan tingkatkan,” ujar Arief.

Beberapa isu penting yang menjadi agenda pembahasan dalam diskusi tersebut ialah posisi dan hubungan KPU secara internal dan eksternal; transparansi dan pemanfaatan sistem informasi teknologi; serta brainstorming langkah kedepan pasca forum ini.

Sumber kpu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...