Ketua MUI Ajak Masyarakat Kembalikan Keutuhan Bangsa

KETUA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengingatkan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan ibadah dan keimanannya, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

“Sebagai umat Islam mari kita tingkatan hubungan kita dengan Allah dan kita rekatkan hubungan dengan manusia,” ujar KH Ma’ruf dalam konferensi pers penetapan 1 Syawal 1438 H di kantor Kemenag, Jakarta, Sabtu (24/6).

Momentum Idul Fitri ini, tambah Ma’ruf, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menyatukan kembali nilai-nilai kebangsaan. Pascagelaran Pilkada DKI 2017, Ma’ruf melihat kondisi kebangsaan sedikit terpecah sehingga masyarakat saling menaruh curiga.

“Jadikanlah momentum 1 syawal untuk menjadikan bangsa ini bangsa yang utuh dan tidak tercerai berai,” paparnya.

Sebelumnya pemerintah menetapkan 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada Minggu (25/6). Penetapan dilakukan setelah enam petugas Kementerian Agam melihat hilal.

Dari hasil pantauan petugas Kemenag itu, hilal berada di posisi 3,88 derajat di atas ufuk, dengan elongasi atau jarak busur bulan ke matahari 5,06 derajat. Petugas yang berhasil melihat hilal berada di wilayah Kupang, NTT, dan Surabaya, Jawa Timur.

“Atas dasar laporan tersebut, kita sepakat malam ini telah memasuki 1 Syawal. Dengan demikian, besok pagi kita sama-sama akan melaksanakan salat Id,” papar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (OL-4)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...