Ketua MPR RI Tekankan Pentingnya Pendidikan bagi Nasib Bangsa

LAMPUNG SELATAN, Pendidikan dinilai menjadi kunci utama dalam memajukan sebuah bangsa. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menganggap bahwa negara yang memiliki kekayaan melimpah, tetapi tidak didukung dengan kualitas sumber daya manusia yang baik, maka negara tersebut tidak akan berkembang pesat.

“Indonesia terkenal kaya raya dengan berbagai sumber daya, tapi belum berkembang pesat. Di Korea manusianya bagus tapi sumber dayanya sedikit, tapi mereka maju,” ujarnya di depan para lulusan dan orang tua siswa SMA Kebangsaan, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (5/5/2017) pagi.

Zulkifli berpendapat bahwa jika kualitas pendidikan Indonesia tidak ditingkatkan secara optimal, Indonesia akan terpuruk di bawah negara lain, terutama dalam persoalan daya saing.

“Semuanya itu yang menentukan adalah pendidikan. Guru juga memegang peranan penting dalam membawa anak-anak didiknya untuk maju,” ujarnya.

Oleh karena itu, Zulkifli menegaskan, negara perlu giat berinvestasi dalam bidang pendidikan untuk anak-anak Indonesia. Di sisi lain, ia juga mengingatkan para pelajar yang telah mengenyam pendidikan secara layak harus menjalani segala sesuatu dengan sungguh-sungguh.

“Jangan sampai putus sekolah, masyarakat daerah harus bertanggung jawab, bantu pemerintah dengan ikut menghadirkan beasiswa untuk mereka yang tidak mampu. Masyarakat maupun para tokoh juga harus jalin koordinasi dengan pemerintah daerah untuk membangun sekolah-sekolah gratis,” jelasnya

Ia pun juga berharap agar setiap sekolah bisa menjadi rumah belajar anak-anak untuk menghargai keberagaman satu sama lain dalam kebhinnekaan. Hal itu bisa dicapai dengan menanamkan nilai-nilai dasar seperti Pancasila dan UUD 1945.

Dalam kunjungannya ke Lampung kali ini, Zulkifli juga menyampaikan hal yang sama di hadapan ratusan mahasiswa Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. (DAR)

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...