Kemensos Perbaiki Data Penerima Bantuan

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos) akan menambah 20 Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di seluruh Indonesia untuk perbaikan data sehingga bantuan sosial bisa tepat sasaran. “Dengan adanya SLRT, pembaruan atau updating data dapat cepat dilakukan dan keluarga tersebut dapat segera tertangani,” kata Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (19/4). Melalui SLRT, pembaruan data bisa dilakukan seketika. Daerah bisa melakukan pembaruan data penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), kemiskinan, serta penerima bantuan iuran (PBI) secara real time.

Menurut Mensos, Kabupaten Tulungagung merupakan salah 1 lokasi SLRT dari 50 yang sudah berjalan. Tujuan SLRT ialah menyisir dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan. “Saya berharap dengan adanya SLRT, tidak ada lagi ‘sadikin dan jamila’. Sadikin itu sakit sedikit jadi miskin. Kalau jamila, jadi miskin lagi.” SLRT merupakan sistem untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan. Sistem itu juga bertujuan membantu identifikasi keluhan masyarakat sekaligus menyodorkan solusi.

Untuk mewujudkan SLRT, Kemensos menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Sementara itu, saat melakukan kunjungan ke Tulungagung, Jawa Timur, di depan ibu-ibu penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Khofifah mengatakan tujuan pemberian bantuan sosial dalam berbagai program ialah agar masyarakat dapat hidup tenang dan tenteram.

“PKH ini diberikan untuk membantu meringankan beban hidup ibu-ibu sekalian,” katanya. Bantuan uang itu cair empat kali dalam setahun dengan nilai total Rp1.890.000 per keluarga. Bantuan tersebut diberikan untuk biaya sekolah dan membeli pangan bergizi untuk anak-anak.

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...