Kembali Masuk Kantor? Saatnya Menata Meja Kerja!

Berakhirnya masa liburan memang menyedihkan. Namun, kembali ke kantor pun bisa dilakukan dengan suasana bahagia, bila Anda tahu rahasianya.

Salah satu hal yang dapat dilakukan saat kembali bekerja adalah menata meja kerja. Ya, meja yang bersih dan rapi tentu dapat meningkatkan gairah bekerja.

Meski hanya sedikit perubahan, tentu akan berdampak banyak untuk meningkatkan produktivitas usai liburan. Seperti dikutip laman PortalHR, berikut sejumlah tips sederhana agar meja kerja Anda terasa menyenangkan.

1. Aturlah meja sesuai dengan karakter Anda

Jika Anda adalah tipe orang yang terencana, ada baiknya Anda memulai hari dengan menulis to-do-list serta meletakkan alat tulis dan kertas di tempat yang mudah diraih.

Demikian pula jika Anda seorang yang aktif membuka email, berikanlah ruang yang cukup luas bagi keyboard.

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang rapi belum tentu cocok dengan gaya Anda. Anda bisa menyesuaikan meja kerja dengan gaya Anda bekerja, jika itu dibutuhkan.

2. Letakkan tempat sampah kecil di meja

Banyak tumpukan kertas tak terpakai di meja kerja? Mungkin Anda ingin membuangnya, tetapi kadang rasanya malas beranjak dari kursi Anda.

Nah, alangkah baiknya jika Anda menyediakan tempat sampah kecil untuk membuang sampah tersebut. Meja Anda akan terasa lebih bersih dan rapi dibandingkan harus menumpuk gumpalan kertas.

3. Gulung kabel dengan rapi

Kabel yang menggulung tidak keruan akan membuat meja Anda terlihat berantakan. Karena itu, ada baiknya Anda mengikat kabel-kabel tersebut menjadi satu agar lebih rapi.

4. Rapikan dokumen

Jika memiliki sejumlah dokumen penting di meja, pastikan Anda menyusunnya dengan teratur. Sisihkan waktu untuk sekadar merapikan dokumen tersebut.

Jika penyimpan dokumen yang Anda miliki sudah tak dapat menampung dokumen yang ada, segeralah mencari penyimpan dokumen baru untuk menampungnya.

5. Taruhlah dekorasi di meja Anda

Pajangan kecil, foto dengan keluarga, atau tanaman mini dapat membuat meja kerja Anda lebih berwarna. Meskipun terlihat sederhana, dekorasi ini dapat membuat motivasi kerja Anda meningkat.

6. Selalu rapikan meja sebelum pulang

Sisihkan waktu sekitar lima menit sebelum pulang untuk merapikan meja. Lima menit yang Anda sisihkan sebelum pulang akan membuat esok hari Anda siap menjalani hari produktif baru.

Selamat mencoba dan kembali produktif bekerja!

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...