Kelas Demokrasi KPU Kota Parepare Kenalkan Nilai Dasar Pemilu & Demokrasi

Parepare, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, Rabu (12/4) membuka Kelas Pemilu dan Kelas Demokrasi di Media Center dan di Rumah Pintar Pemilu “Mappamacca”. Kegiatan ini menjadi program nasional pendidikan pemilih KPU RI, dan hasil rapat kerja KPU Kota Parepare Tahun 2017, sekaligus dalam langkah persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2018.

“Kita mencoba memanfaatkan Rumah Pintar Pemilu yang sudah dilauncing dengan membuat Kelas Pemilu dan Kelas Demokrasi untuk kalangan masyarakat umum perwakilan setiap kelurahan dalam rangka penyebaran informasi tentang demokrasi dan kepemiluan sekaligus memotret dan mengamati calon penyelenggara ad hoc,” ujar Ketua KPU Kota Parepare Nur Nahdiya.

Materi Kelas Demokrasi dibawakan Komisioner KPU Kota Pareapare.Hasruddin Husain dengan tema subtansi dalam pelenggaraan pemilu. Sedangkan, materi tentang sejarah dan teknis penyelenggaraan pemilu disampaikan Komisioner Mursalin Muslimin.

Sementara Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Parepare Mursalin Muslimin Menjelaskan, Kelas Pemilu dan Kelas Demokrasi dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun secara kuantitas dalam seluruh proses tahapan penyelenggaraan pemilu.

Secara khusus, lanjut Mursalin, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan dibukanya Kelas Pemilu dan Kelas Demokrasi, diantaranya menperkenalkan nilai-nilai dasar Pemilu dan Demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi, menanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi. (Ruslan Anwar)

Sumber kpu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...