Kartu Diaspora Hanya Untuk Izin Tinggal

KEMENTERIAN Luar Negeri RI mengungkapkan kartu diaspora untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri siap terbit bulan depan. Namun, fungsi kartu tersebut terbatas hanya untuk izin tinggal.

“Ibu menlu (Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi) sudah presentasi waktu itu dan mengatakan Kemenlu sudah siapkan kartu yang utamanya bantu izin tinggal,” ungkap Anggota Komisi I DPR RI, Meutya Hafid saat dihubungi Media Indonesia, di Jakarta, Minggu (2/7).

Dia menyayangkan hal itu karena menurutnya kartu seharusnya bersifat multifungsi. Kartu diaspora akan lebih baik bila mengakomodir hak-hak keekonomian dan hak internasional masyarakat.

“Tapi tidak dengan hak politik,” tambahnya. Menurutnya, kartu diaspora juga tidak perlu undang-undang khusus sehingga tinggal menunggu langkah dari pemerintah.

Kartu diaspora memang menjadi target terdekat yang bisa diwujudkan lebih dulu. Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan IDN Global, Dino Patti Djalal menyebutkan pemerintah akan melakukan sosialisasi kebijakan terkait diaspora seperti pemberlakuan visa lima tahun dan penerbitan kartu diaspora dalam Kongres Diaspora Indonesia keempat (CID 4).

Dino mengungkapkan persiapan kartu itu telah mencapai 95%. “Kartu diaspora berguna untuk membuka rekening bank, berbisnis, dan membeli properti. Kartu akan diresmikan tahun ini,” kata Dino.

Acara pada Senin (3/7) itu juga dilanjutkan dengan dialog sektoral antara pemerintah dengan diaspora profesional untuk membangun negeri. Dialog yang baru pertama kali diselenggarakan itu akan dihadiri 15 diaspora profesional dan tiga kementerian yakni Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian KUKM.

“Untuk Kementerian ESDM akan bertemu IDN Qatar dan Houston serta Kementerian KUKM akan bertemu IDN Beijing. Mereka akan bawa UKM ke Beijing, di sana mereka dapat satu space besar,” tutur Asisten Eksekutif IDN Global, Meta Sukma.

Kongres akan ditutup dengan berbagai kunjungan ke sejumlah tempat yakni kampung binaan sekolah master Depok, proyek MRT, sejumlah sentra UKM, dan pemberian beasiswa. (OL-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...