Kapal Pembangkit Listrik dari Turki Berlayar menuju Medan

MEDAN, Marrine Vessel Power Plant (MVPP) terbesar di dunia berkapasitas 240 megawatt mulai berlayar ke Indonesia untuk menutupi defisit listrik 100 MW di Sumatera Utara.

“Kapal ini sudah berangkat dari Istanbul menuju Belawan, direncanakan tiba di Belawan satu bulan ke depan,” kata Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi, Sabtu (22/4/2017).

“Kedatangan kapal pembangkit listrik tersebut bersamaan dengan transmisi 275 kilovolt yang menjadi bagian dari proyek tol listrik Sumatera. Transmisi ini akan dioperasikan untuk mengevakuasi daya dari Sumatera Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatera Bagian Utara sebesar 200 megawatt,’’ ucapnya.

Gubernur berharap dengan adanya kapal tersebut, nantinya tidak ada lagi masalah pemadaman yang selalu dikeluhkan masyarakat Sumatera Utara.

“Saya optimis kerjasama PLN dengan Pemprov Sumut ini. Ketersediaan listrik yang cukup akan memajukan Sumut ke depan. Saya yakin, para investor, kalangan industri dan pelaku usaha lainnya berlomba-lomba berinvestasi ke sini,” jelas Erry.

Sebelumnya diberitakan, GM PLN Wilayah Sumut Feby Joko Praharto mengatakan, kapal MVPP akan beroperasi pada awal Juni 2017 di Belawan.

Keberadaan MVPP diharapkan dapat menutupi serta mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek di Sumut. Bersamaan dengan peroperasinya transmisi 275 KV yang menjadi tol listrik Sumatera.

Sumber KOMPAS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...