Kapal Jumbo Mulai Masuk, Biaya Logistik Berpotensi Turun

KAMAR Dagang dan Industri Indonesia mengapresiasi datangnya kapal-kapal pelayaran peti kemas berukuran jumbo bisa langsung masuk ke Indonesia.

Kedatangan kapal-kapal besar itu merupakan hasil kerja sama PT Jakarta International Container Terminal (JICT) dengan perusahaan pelayaran asal Prancis, Compagnie Maritime d’Affretement-Compagnie Generali Maritime (CMA -CGM).

“Ini merupakan sebuah langkah baik dan Kadin memberi apresiasi kepada JICT dan Pelindo II. Dengan segala kompleksitas permasalahannya, mereka mampu meningkatkan infrastruktur secara teknis sehingga bisa melayani kapal-kapal besar,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan, Rico Rustombi dalam keterangannya, Kamis (27/4).

Menurut Rico, keberhasilan ini juga tak terlepas dari Hutchinson Port Indonesia, selaku operator pelabuhan JICT. Hutchinson Port Indonesia merupakan anak usaha dari Hutchinson Port Ltd, salah satu operator pelabuhan terbesar di dunia.

Dengan kerja sama itu, Rico berharap dapat menekan biaya logistik sehingga semakin banyak komoditas-komoditas ekspor unggulan Indonesia dapat dikirim langsung ke negara tujuan. Kerja sama itu juga dapat mendorong perusahaan pelayaran dunia lainnya bermitra dengan JICT.

“Kami berharap semakin banyak perusahaan-perusahaan pelayaran dunia yang mempercayakan bongkar muat ke JICT, tidak hanya dari Prancis. Perusahaan-perusahaan lain bisa melirik Indonesia sebagai salah satu opsi direct shipment,” kata Rico.

CMA-CGM dan PT JICT telah sepakat menjalin kerja sama membuka layanan baru, yakni dengan nama Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/JAX Services.

Kapal CMA-CGM Otello mulai berlayar dari terminal JICT ke West Coast (Los Angeles & Oakland) Amerika Serikat selama 23 hari. Layanan kapal itu direncanakan seminggu sekali.

“Kapal-kapal CMA-CGM merupakan yang terbesar yang pernah singgah sepanjang sejarah berdirinya Tanjung Priok,” ujar Direktur Utama JICT, Gunta Prabawa.

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...