Jokowi Sebut Pembangunan masih Berorientasi Proyek

PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah bekerja sama untuk mempertajam prioritas pembangunan. Tujuannya, agar pembangunan dari pusat hingga daerah terintegrasi.

Presiden menilai, pola pembangunan saat ini belum mencerminkan integrasi yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

“Saya jumpai ada waduk yang tidak ada irigasinya selama bertahun-tahun. Di Aceh, saya diberitahu Pak Gubernur, saya lihat benar, ada pelabuhan tidak ada jalan. Tidak hanya satu, (tapi) dua. Artinya tidak terkonsolidasikan dengan baik,” kata Jokowi dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2007 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4).

Menurut dia, kondisi itu menunjukkan orientasi pembangunan hanya proyek, bukan output. Ia pun memerintahkan kementerian, lembaga, dan pemda membatasi jumlah program prioritas supaya fokus. “Di bawah tiga (program prioritas) itu paling baik, kalau masih sulit juga di bawah lima program cukup,” ujar Kepala Negara.

Musrenbangnas 2017 dihelat dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 yang mengangkat tema Memacu Investasi dan lnfrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan. Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menyebut Musrenbangnas 2017 merupakan bentuk koordinasi untuk menyinkronkan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah.

Beberapa langkah konkret yang akan dilakukan pemerintah pusat bersama pemerintah daerah adalah berinvestasi secara selektif. Fokusnya adalah pada proyek yang mendorong produktivitas dan peningkatan aktivitas sektor swasta, yaitu infrastruktur, transportasi, dan logistik.

Adapun fokus wilayahnya adalah pada kawasan-kawasan yang memiliki daya ungkit (leverage) besar, seperti kawasan lndustri, kawasan ekonomi khusus (KEK), dan kawasan pariwisata. “Namun keterbatasan kapasitas fiskal menyebabkan investasi tidak bisa bergantung hanya pada pemerintah,” ujarnya. (X-12)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...