Jokowi pun Favoritkan Ragunan

SUASANA Kebun Binatang Ragunan, sekitar pukul 13.00 WIB kemarin, tidak seperti biasa. Sebagian pengunjung yang tengah berlibur bersama sanak keluarganya terlihat berkerumun di dekat pintu masuk kebun binatang yang sudah berusia 153 tahun itu. Mereka tengah menanti kehadiran orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo dan keluarganya.

Presiden datang bersama Ibu Negara Iriana beserta putrinya, Kahiyang Ayu dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Seperti pengunjung lainnya, Jokowi pun membeli tiket masuk. Jokowi membeli tiket elektronik dengan saldo Rp50.000. Tiket tersebut digunakan pada pintu masuk, untuk dewasa dikenai biaya Rp4.000 dan anak-anak Rp3.000. Sementara, untuk masuk ke Pusat Primata dikenakan biaya Rp7.500.

Dengan mengenakan kemeja putih, celana hitam, serta pantofel hitam, Jokowi mengemudikan sendiri mobil golf menuju Pusat Primata Schmutzer, yang berada di kebun binatang tertua di Indonesia itu. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun bagai magnet.

Pengunjung pun berusaha mendekat. “Itu beneran Pak Jokowi,” ucap salah satu pengunjung, sambil merapat ke arah mobil golf yang bergerak pelan di antara kerumunan.

Ternyata Pusat Primata Schmutzer merupakan tempat favorit Jokowi jika berkunjung ke Ragunan. Saat menjadi Gubernur DKI Jakarta saja, Jokowi dua kali berkunjung ke pusat primata itu. “Pada tahun 2013 dan 2014,” jelas Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Dina Himawati.

Pada kunjungan ketiganya, kemarin, Presiden Joko Widodo memberi makanan tambahan kepada seekor gorila. “Beliau juga masih ingat nama gorilanya yaitu Kumbo, usia 22 tahun, asal dari Inggris, tapi asli dari Afrika,” tambah Dina.

Saat Presiden memberi makan Kumbo, tampak pengunjung lain juga bebas berada di sekitar kandang. Padahal kemarin terbilang puncak padatnya pengunjung. Hingga pukul 15.00 tercatat 112 ribu orang mengunjungi taman wisata itu.

Selain mengunjungi Kumbo, Presiden juga melihat monyet capuchin asal Madagaskar, lutung perak, siamang, owa jawa, dan tidak ketinggalan orang utan.

“Ini kan tempat hiburan yang punya nilai edukasi dan paling murah. Ada sisi edukasinya, mengenalkan kepada anak-anak. Oh itu yang namanya gajah, beruang, monyet, itu yang namanya buaya, lutung. Ya kita benar-benar melihat hewan-hewan yang ada. Murah meriahlah,” kata Jokowi seusai berkeliling di pusat primata. Jokowi pun senang hewan-hewan yang dia lihat dalam kondisi sehat.(X-13)
Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...