Jokowi: Perbedaan tidak Harus Diseragamkan

PERBEDAAN suku, agama, ras dan antar golongan yang dimiliki bangsa Indonesia tidak harus diseragamkan atau bahkan dilenyapkan. Semua perbedaan tersebut justru harus menjadi pengikat persatuan di Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939.

“Semua perbedaan itu tidak harus diseragamkan, tidak juga harus ditiadakan dan bahkan dilenyapkan. Semua perbedaan dan keragaman itu justru harus diikat oleh tali persaudaraan, kebersamaan, persatuan di negara kita Indonesia,” tegas Jokowi di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (22/4).

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki 714 suku. Bahkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa Indonesia memiliki 1.340 suku. Sebagai bangsa yang majemuk dan beragam, sambung Jokowi, bukan penghalang bagi bangsa untuk bersatu dan hidup dalam keharmonisan.

“Perbedaan latar belakang suku, agama, budaya, bukan lah penghalang bagi kita untuk bersatu, dan bukan pula penghalang bagi kita untuk hidup dalam keharmonisan dalam kehidupan yang saling menghormati, membantu dan membangun solidaritas sosial yang kokoh,” terangnya.

Dalam mengelola keragaman dan kemajemukan tersebut, Jokowi bersyukur bahwa Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara, falsafah hidup bangsa dan pemersatu bangsa. Selain itu, Indonesia juga memiliki Bhineka Tunggal Ika yang menjadi pilar kebangsaan yang kokoh untuk menjaga dan merawat Indonesia yang majemuk.

“Saya yakin dengan berpegang pada Pancasila, dengan menjunjung semangat Bhineka Tunggal Ika, kita akan tetap bersatu. Dengan bersatu, kita akan maju bersama, sejahtera bersama untuk menyongsong masa depan bangsa yang lebih gemilang,” tandasnya. (X-12)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...