Jokowi Instruksikan Bandara Kulon Progo Selesai April 2019

JAKARTA, Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X segera menyelesaikan proyek Bandara Kulon Progo.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kantor Presiden, Jakarta pada Kamis (20/4/2017).

“Presiden menugaskan Menhub dan Gubernur DIY, untuk Bandara Kulon Progo bisa digunakan bulan April 2019,” ujar Pramono.

Instruksi tersebut disampaikan Presiden dalam rapat terbatas membahas proyek strategis nasional dan program prioritas DIY di Kantor Presiden, Kamis siang.

Selain itu, Presiden juga meminta pembangunan jalan tol yang menghubungkan bandara dengan kawasan Candi Borodbudur segera diselesaikan.

“Dengan demikian, kalau (penyelesaian Bandara Kulon Progo) itu termasuk jalan tolnya, maka antara Borobudur ke Bandara dan ke wisata lain akan terkoneksi dengan baik,” ujar Pramono.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan, masih ada persoalan terkait pembangunan jalur wisata.

“Akses ke Candi Borobudur kan ada tiga jalan. Timur, tengah, dan barat. Nah ini (jalur wisata) mana yang mau dikembangkan ya? Apalagi ada jalan yang ada pegunungan. Enggak mudah kan untuk memapas,” ujar Sultan.

Pemprov DIY berpendapat, lebih baik jalur tengah yang dijadikan jalur wisata. Namun, keputusan mengenai hal ini harus diputuskan bersama kementerian terkait.

“Jadi ya nantilah antara Kemenhub dan Kemen PU-Pera bakalan berunding dulu,” ujar Sultan.

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...