Jokowi akan Hadiri Parade 1.001 Kuda Sandelwood

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri puncak Parade 1.001 Kuda Sandelwood dan Festival 2.017 Tenun Ikat di Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7) besok.

Kepastian kehadiran Presiden di even tersebut disampaikan Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talo, kepada wartawan di Tambolaka, Selasa (11/7).

Menurut Markus, pada Rabu pagi, Presiden bertolak ke Makassar, Sulawesi Selatan, untuk membuka Hari Koperasi Nasional. Dari sana, Presden melanjutkan penerbangan ke Kupang sebelum menuju Sumba dengan pesawat berbadan kecil.

“Kami sudah menyiapkan penginapan untuk Presiden yaitu di Budaya Sumba. Kami juga menerima informasi bahwa Presiden akan kunjungi lokasi wisata Nihiwatu di Sumba Barat,” kata Markus.

Sementara itu, sebanyak 850 anggota pasukan gabungan TNI yang akan mengamankan Presiden selama di Sumba didatangkan dari Kupang. Pasukan tersebut ditambah 100 personel Brimob yang berasal dari Sumba termasuk tim gegana dan penjinak bom dari Kupang.

Parade Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat digelar sejak 3 Juli lalu di Waingapu, Sumba Timur. Kegiatan ini dilanjutkan ke Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat, dan puncaknya di Sumba Barat Daya. Kegiatan ini bertujuan mempromosikan Kuda Sandel (Sandelwood) ke seluruh dunia, serta mendorong percepatan pembangunan pariwisata di NTT.

Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Jelamu, mengatakan, pihaknya berusaha menciptakan branding baru di Pulau Sumba untuk menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke Sumba.

“Parade ribuan kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat ini merupakan akumulasi dari kegiatan yang berlangsung di empat kabupaten di Sumba,” kata dia.

Dua kegiatan ini dijadwalkan akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (Muri). (OL-2)

 Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...