Jokowi akan Cek Penyewaan Tanah Pemerintah untuk Petani

JAKARTA — Presiden Joko Widodo akan meminta Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait untuk mengecek adanya penyewaan lahan yang dilakukan oknum tertentu pada para petani di daerah. Tanah pemerintah seharusnya tidak disewakan dalam jumlah uang tertentu, khususnya untuk para petani.

“Saya cek, kok ini petani sewa ke pemerintah, ini gak ada. Nanti berikan alamatnya, saya akan cek,” kata Jokowi ketika melakukan tanya jawab dengan salah satu masyarakat Indonesia yang ada di Hongkong, Ahad (30/4).

Pada sesi tanya jawab, seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Indramayu maju ke atas panggung setelah dipanggil Jokowi. Dia kemudian mengeluh ‎bahwa kepala kecamatan yang ada didaerahnya menyebut harus ada uang sewa lahan pemerintah ketika harus digarap untuk menanam padi.

Tak tanggung-tanggung, dalam sekali sewa laha petani diwajibkan membayar sebesar Rp 3 juta ketika selesai panen. Nilai ini terbilang besar karena penghasilan dari menanam padi tidak terlalu besar.

Wanita tersebut pun mengeluh karena harga gabah saat ini masih turun. Hal ini sangat berpengaruh pada pendapatan, karena hasil panen tersebut sebagian harus dibayar untuk pupuk yang dibeli ketika akan bertani. Belum lagi peralatan lain yang digunakan selama bertani.

Sumber Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...