Jaga Akurasi Konten, Asosiasi Media Siber Indonesia Dideklarasikan

JAKARTA – Perkembangan teknologi informasi telah meningkatkan dan mengembangkan industri konten digital di Indonesia. Namun sejalan dengan itu, keran kebebasan informasi telah juga melahirkan konten-konten yang jauh dari nilai kejujuran dan dapat dipertanggungjawabkan.

Atas dasar pemikiran itu, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dibentuk oleh media digital yang fokus terhadap akurasi konten, berimbang, tidak berniat buruk dan dapat dipertanggung jawabkan serta sesuai dengan UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber.

“Rencananya, AMSI akan dideklarasikan pada Selasa, 18 April 2017 di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. AMSI dibentuk oleh 26 media pendiri, yang saat ini anggotanya sudah mencapai143 media digital,” ujar Ketua Panitia Deklarasi AMSI, Ismoko Widjaya dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Senin (17/4/2017).

Ismoko menambahkan, saat ini kepengurusan AMSI dibentuk dalam wadah Dewan Presidium yang diketuai oleh Wenseslaus Manggut (CCO KLN/Pemred Merdeka.com). Sementara anggotanya sebanyak 24 pemimpin redaksi atau wakil yang ditunjuk media online di Indonesia.

Setelah deklarasi, Dewan Presidium akan menggelar Musyawarah Nasional untuk pembentukan pengurus, AD/ART dan program kerja paling lambat tiga bulan setelah deklarasi.Saat acara deklarasi akan ada pernyataan Komunike Bersama dari seluruh pendiri dan anggota AMSI.

“Komunike Bersama ini nantinya yang menjadi dasar dari visi, misi dan program AMSI di masa mendatang,” sambungnya.

Ia berharap, dengan dibentuknya AMSI ini dapat menciptakan media siber yang concern terhadap konten-konten yang akurat, berimbang, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber.

“Selain itu, AMSI ini juga dapat menjadi tempat untuk diskusi dan mempererat relasi antar industri media, dan stake holder lainnya. Juga untuk mendorong jurnalisme siber yang adaptif terhadap perkembangan teknologi,” terang Ismoko.

Setelah terbentuk, lanjut Ismoko, AMSI akan menjadi stakeholder Dewan Pers bersama dengan organisasi media yang sudah ada seperti Serikat Penerbitan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

“AMSI juga diharapkan terlibat aktif dalam membahas berbagai regulasi dan tata kelola media digital bersama dengan stake holder lainnya. Juga memperkuat kehadiran media digital di berbagai wilayah Indonesia agar beroperasi secara sehat dan profesional,” tandasnya.

Adapun susunan Presidium AMSI, sebagai berikut:

Ketua Presidium: Wensesiaus Manggut (CCO Kapanlagi Network/Pemred Merdeka.com)

Anggota: Iin Yumiyanti (Pemimpin Redaksi Detikcom), Wisnu Nugroho (Pemimpin Redaksi Kompas.com), Mohammad Teguh (Pemimpin Redaksi Liputan6.com), Burhan Sholihin (Pemimpin Redaksi Tempo.co), Dahlan Dahi (Pemimpin Redaksi Tribunnews.com), Maryadi (Pemimpin Redaksi VIVA.co.id), M Budi Santosa (Pemimpin Redaksi Okezone.com), Nezar Patria (Pemimpin Redaksi Thejakartapost.com), Suwarjono (Pemimpin Redaksi Suara.com), Hery Trianto (Pemimpin Redaksi Bisnis.com), Irfan Junaidi (Pemimpin Redaksi Republika.co.id), Sapto Anggoro (Pemimpin Redaksi Tirto.id), Arifin Asydhad (Pemimpin Redaksi Kumparan.com),Yoko Sari (Pemimpin Redaksi CNNindonesia.com), Ismoko Widjaya (Pemimpin Redaksi Dream.co.id), Adi Prasetyo (Head Digital Beritasatu.com), Nuruddin Lazuardi (Pemimpin Redaksi Rimanews.com), Agung Rulianto (Wapemred Arah.com), Nurfajri Budi Nugroho (Wapemred Metrotvnews.com), Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Redaksi Beritajatim.com), Upi Asmaradhana (Pemimpin Redaksi Kabarmakassar.com), Ary Anggadha (Pemimpin Redaksi Otonomi.co.id), Fakhrurodzi Baidi (Pemimpin Redaksi Riauonline.co.id), Wibowo Prasetyo (Pemimpin Redaksi Jatengpos.co.id).

Sumber Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...