Istana Wajibkan Undangan Hari Kemerdekaan Berpakaian Adat

SELURUH tamu undangan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI pada Kamis (17/8) lusa di Istana Merdeka, Jakarta, diwajibkan menggunakan pakaian adat. Tujuannya, agar jiwa dan rasa nasionalisme masyarakat bisa bangkit dari nuansa Nusantara itu.

“Undangan diminta untuk seluruhnya pakai pakaian daerah,” kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/8).

Pramono menambahkan, pihaknya juga mewajibkan penggunaan pakaian adat agar suasana upacara menjadi lebih berwarna (colorfull) pada peringatan kemerdekaan kali ini. Sebab, ada berbagai macam model dan warna pakaian adat Indonesia.

“Diminta seperti itu agar colorfull,” ucap dia.

Pramono pun mengaku akan memakai dua pakaian adat berbeda. Pada saat pengibaran bendera, ia akan menggunakan pakaian adat Yogyakarta. Sedangkan, pada penurunan bendera sang saka merah putih, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu akan mengenakan pakaian adat Bali.

Menurut dia, upacara HUT ke-72 RI akan lebih meriah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pramono berjanji HUT ini bakal menyajikan hal-hal yang berbeda dan menonjolkan kegembiraan. Namun, dia enggan bilang apa kegiatan yang membuat gembira itu.

“Kalau disebutkan tidak surprise lagi,” kata dia. (MTVN/OL-2)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...