Investasi Bodong bakal Terus Ada

INVESTASI bodong dipandang akan selalu bermunculan. Meski pengawasan sudah ditingkatkan dan masyarakat terus diedukasi, modus penipuan investasi tersebut bakal terus menghantui masyarakat.

“Ibarat kejahatan, investasi bodong pada dasarnya akan selalu ada. Kalau tidak sekarang, di kemudian hari akan ada muncul lagi,” ujar Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sardjito, di Jakarta, Sabtu (22/4).

Sardjito mengatakan modus investasi bodong sangat bervariasi. Mulai perusahaan yang menjanjikan tingkat pengembalian investasi yang besar hingga dilakukan oleh orang terdekat dengan embel-embel memiliki akses ke investasi besar.

Pun dia menilai investasi bodong tidak mengenal kelas masyarakat. Baik kelas menengah ke bawah maupun orang-orang kaya terpandang bisa masuk ke perangkap penipuan investasi.

“Yang sudah melek investasi pun kena. Kan pernah ada kasus korbannya beberapa orang penting. Mayoritas mereka kena karena tergiur, ingin cepat kayalah,” tukasnya. Karena itu, Sardjito mengingatkan masyarakat harus kritis bila disodori jenis investasi apa pun. Investasi dengan tingkat pengembalian hingga 10% per bulan dinilai Sardjito sangat jarang tersedia.

“Informasi dari kami selalu ada dan masyarakarat harus selalu ragu kalau ada orang yang menjamin keuntungan sangat besar. Apalagi kalau janjinya 10% setiap bulan. Itu yang saya selalu saya katakan. Bukan tidak ada, tapi sangat kecil kemungkinannya. Istilahnya, it’s too good to be true,” paparnya. Sebelumnya, OJK menerima 91 laporan dugaan investasi bodong melalui portal daring (online) Investor Alert Portal. Namun baru 19 laporan yang sudah ditindaklanjuti hingga penghentian kegiatan.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dihentikan oleh OJK memiliki skema yang beragam, umumnya serupa multilevel marketing (MLM) dengan skema piramida. Jes/E-4

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...