Ingin Indonesia Jadi Anggota FATF, Menkeu Sri Mulyani Temui Menkeu AS

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah mengikuti rangkaian kegiatan kegiatan Spring Meeting World Bank/IMF 2017 di Washington DC. Di sela-sela kegiatannya tersebut, Sri Mulyani menyempatkan diri untuk bertemu dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat yang saat ini dijabat oleh Steven Mnuchin.

“Pertemuan kami membahas antara lain untuk meminta dukungan Amerika Serikat agar Indonesia dapat menjadi anggota lembaga internasional FATF (Financial Action Task Force),” kata Sri Mulyani di Washington DC, Sabtu (22/4) waktu setempat seperti dilansir di laman Facebook miliknya, Minggu (23/4).

Selain bertemu dengan Menkeu AS, selama Spring Meeting 2017 tersebut Sri Mulyani juga melakukan penggalangan dukungan ke beberapa negara lain seperti Jerman, India dan Jepang.

“Dengan menjadi anggota FATF, Indonesia dapat sejajar dengan negara maju dan menjadi lebih dipercaya dunia dalam ikut serta memberantas kejahatan keuangan seperti pencucian uang dan pendanaan terorisme,” lanjut Sri Mulyani.

Pertemuan ini juga membahas tentang peningkatan kerja sama bilateral yang diantaranya dalam hal perpajakan. Bantuan berupa technical assistance dari IRS dapat dilakukan kepada Ditjen Pajak untuk membantu program reformasi perpajakan.
“Selain itu, dibahas pula upaya meningkatkan hubungan bilateral dalam hal perdagangan antara Amerika Serikat dan Indonesia,” pungkasnya. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...