Indonesia Menjadi Contoh di Bidang Pertanian

KEMENTERIAN Pertanian mengklaim sektor pertanian Indonesia telah menjadi tolok ukur bagi beberapa negara berkembang di dunia, terutama Afrika.

“Walaupun masih ada dinamika-dinamika di pertanian dalam negeri, kita sudah dinilai sebagai satu negara yang berhasil,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Hari Priyono kepada Media Indonesia, kemarin.

Hal itu antara lain terbukti dengan adanya permintaan berbagai bantuan yang berasal dari luar negeri. Salah satunya ialah Namibia. Hari mengatakan negara yang terletak di selatan Afrika itu meminta bantuan kepada para ahli Tanah Air untuk membangun cetak sawah. Selain itu, pemerintah Indonesia juga tengah membantu pengembangan padi di Madagaskar dan Tanzania serta mengembangkan teknologi alat mesin pertanian di negara-negara Kepulauan Pasifik seperti Fiji dan Vanuatu.

“Kita ajari mereka bikin sawah. Selama ini kan sumber kekayaan negara-negara Afrika itu tambang. Basis pangan mereka dari luar. Mereka jual tambang untuk membeli pangan sementara tambang semakin terbatas dan pangan semakin mahal,” terangnya.

Indonesia, kata Hari, memang sangat diharapkan menjadi role model (percontohan) dalam sektor pertanian bagi negara-negara berkembang yang terlibat dalam Kerja Sama Selatan-Selatan.

“Kita terus berupaya untuk mengirimkan para ahli ke negara-negara yang meminta bantuan. “Keberhasilan Indonesia di bidang pertanian memang diakui dunia internasional. Belum lama ini, pertanian Indonesia masuk 25 besar dunia atau satu-satunya negara di ASEAN yang masuk ke Index Keberlanjutan Pangan atau Food Sustainability Index (FSI) karena dianggap memenuhi syarat 2/3 penduduk dunia dan sudah mencakup 87% dari total produk domestik bruto (PDB) dunia.

Peringkat itu merupakan hasil lembaga riset dan analisis ekonomi internasional berpusat di Inggris, The Economist Intelligent Unit (EIU) dan Barilla Center for Food and Nutrition (BCFN) Foundation. Indonesia berada di peringkat 21 dari total 113 negara dengan skor 50,77 setelah Brasil serta berada di atas Uni Emirat Arab, Mesir, Arab Saudi, dan India. Pra/E-2

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...