HUT BUMN, PLN Peduli Gelontorkan Rp6,4 M untuk Jateng dan DIY

PLN sebagai salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut serta memeriahkan acara ulang tahun BUMN ke-19 yang bertajuk “Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri Menuju Indonesia Digdaya” pada 21-22 April 2017.

Bertepatan dengan momentum ulang tahun BUMN ini, juga diserahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. PLN memberikan bantuan PLN Peduli (CSR) sejumlah Rp2 miliar kepada DI Yogyakarta dan Rp4,4 miliar kepada Provinsi Jawa Tengah. Pemberian bantuan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Human Capital Management (HCM) PLN Muhamad Ali.

Total dana yang terkumpul dari seluruh perusahaan BUMN sebesar Rp13 miliar untuk DI Yogyakarta dan untuk Jawa Tengah terkumpul sebanyak Rp36 miliar. Pemberian bantuan CSR tersebut merupakan salah satu bentuk konkret perusahaan BUMN, khususnya PLN dalam perwujudan BUMN hadir untuk negeri.

Berikut ini adalah beberapa bantuan PLN Peduli untuk Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yaitu program desa wisata, rumah kreatif BUMN, pembangunan masjid, penyambungan listrik warga, rehabilitasi pondok pesantren, pembangunan gedung sekolah, bantuan pendidikan, pengembangan bank sampah induk, konservasi penyu, dan lain-lain.

Hadir pada acara tersebut, yaitu Menteri BUMN Rini Soemarno, perwakilan dari PLN Direktur HCM Muhamad Ali serta perwakilan daerah, yaitu Wakil Gubernur DI Yogyakarta Paku Alam X dan Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono.

Perayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN ini juga dihadiri seluruh perusahaan BUMN yang berjumlah 119 perusahaan dengan bertempat di dua candi terbesar di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yaitu Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Dalam sambutannya, Rini Soemarno menyampaikan rasa bangga terhadap keeratan hubungan sesama perusahaan BUMN yang terlihat dari baiknya kinerja pada 2016 lalu. Rini juga menyampaikan pentingnya sinergi antara perusahaan BUMN agar dapat mempercepat pembangunan nasional.

“Saya berharap perusahaan BUMN sebagai agen pembangunan yang memiliki tujuan untuk menyejahterakan rakyat Indonesia dapat saling bersinergi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia,” kata Rini dalam sambutannya di pelataran Candi Prambanan, Klaten, Jumat (21/4) seperti dilansir keterangan resmi, Minggu (23/4).

Sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, PLN selalu berkomitmen untuk menerangi nusantara dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur, khususnya dalam sektor ketenagalistrikan.

Saat ini, PLN tengah bekerja untuk menyelesaikan pembangunan infrastuktur ketenagalistrikan melalui program 35.000 MW. Mega proyek ini ditargetkan rampung pada 2019 dengan pencapaian rasio elektrifikasi sebesar 97,2%. Sinergi antara perusahaan BUMN diharapkan dapat membantu mewujudkan target perusahaan tersebut.

“Kita menyambut baik sinergi antara BUMN, saat ini kita sedang mengerjakan proyek yang sangat besar, yaitu proyek 35.000 MW, untuk itu sinergi dengan seluruh perusahaan BUMN sangat diperlukan,” ujar Direktur HCM PLN Muhamad Ali saat ditemui pada acara HUT BUMN. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...