Hubungan Diplomatik Terjalin 70 Tahun, Duterte Merasa Terhormat Sambut Jokowi

JAKARTA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte merasa terhormat menjadi tuan rumah kunjungan Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, kunjungan Jokowi tersebut menandai 70 tahun hubungan diplomatik antar Indonesia dengan Filipina.

“Saya merasa terhormat menyambut Presiden Republik Indonesia, salah satu negara terdekat Filipina,” ujar Presiden Duterte dalam pernyataan pers bersama Presiden Jokowi  di Istana Malacanang, Filipina, Jumat (28/4/2017).

Dalam rangka menyambut 70 tahun hubungan diplomatik antar kedua negara, lanjut Presiden Duterte, kedua negara telah memperkuat kerja sama di berbagai sektor.

Hubungan kedua negara saat ini dalam posisi terkuat dari sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Duterte juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan pemerintah Indonesia yang terus membantu proses perdamaian di Mindanao, Filipina Selatan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas dukungan dan komitmen Indonesia dalam proses perdamaian di Filipina Selatan, kami berharap perdamaian di Mindanao dapat menjadi kenyataan,” kata Presiden Duterte.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Kemudian Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kepala BKPM Thomas Lembong.

Serta Kepala BIN Budi Gunawan dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Johny J Lumintang.

Sumber Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...