Hilangkan Rekapitulasi Tingkat Desa

KLAUSUL tahapan pemilu akan menjadi topik bahasan utama dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Penyelenggaraan Pemilu (RUU Pemilu) yang akan melanjutkan pembahasan bersama pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum, hari ini. KPU mengusulkan penghapusan rekapitulasi suara tingkat desa, seperti pada tahapan pilkada.

Komisioner KPU Ilham Saputra membenarkan bahwa KPU diundang untuk memberikan masukan terhadap RUU Pemilu. Ia mengatakan pihaknya akan mendengarkan terlebih dahulu bagaimana usul DPR dan pemerintah terkait tahapan pemilu.

Kendati demikian, ia menyampaikan bahwa KPU juga akan mengusulkan teknis penyelenggaraan pemilu. “Misalnya terkait rekapitulasi tidak ada lagi di level desa karena terlalu lama dan rentan dengan kecurangan atau mengenai rumitnya formulir proses rekapitulasi dan penghitungan. Itu yang akan kita bahas,” terangnya di Jakarta, kemarin.

Ia pun meminta DPR dan pemerintah segera merampungkan pembahasan RUU Pemilu tepat waktu. Penyelenggara pemilu membutuhkan waktu yang cukup dalam menyiapkan semua regulasi turunan dari UU tersebut. “Ini kan pertama kali pileg dan pilpres disatukan. Kalau perlu, RUU Pemilu ini selesai tepat waktu,” tandasnya.

Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy mengatakan, bila tahapan yang diusulkan DPR dan pemerintah disetujui penyelenggara pemilu, tahapan pemilu itu akan langsung disepakati bersama. Tahapannya ialah perencanaan, verifikasi partai, pendaftaran calon, penetapan calon, kampanye, minggu tenang, pelaksanaan pemilu dan penetapan hasil dan pemenang pemilu.

Dari pembahasan DPR bersama pemerintah, hari pemilihan diusulkan untuk digelar pada Rabu, 17 April 2019. “Namun, kami mendapat informasi KPU mengusulkan di Juni 2019,” tambah Lukman. Selain itu, mereka juga mengusulkan masa kampanye diperpendek menjadi enam bulan.

Tahapan itu nantinya akan masuk ke lampiran UU Pemilu. “Ada dua lampiran, satu lampiran dapil (daerah pemilihan), satu lagi lampiran tahapan,” katanya. (Nur/P-4)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...