Hercules Layani Yahukimo, Bupati Beri TNI AU 30 Hektare Lahan

SETELAH pada Oktober 2016 lalu, didarati pesawat Kepresidenan, kali ini kembali ratusan warga Dekai ibukota Kabupaten Yahukimo, Papua itu pada Sabtu (15/4) memadati Bandara Nop Goliath untuk menyaksikan langsung pendaratan perdana pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU), yang selanjutnya akan melayani rute itu secara permanen.

Pantauan Media Indonesia dari Dekai, sekitar pukul 10.15 WIT, pesawat yang membawa Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Jayapura, Kolonel Pnb Erwan Andrian mendarat mulus setelah sempat dua kali sang pilot melakukan manuver yang disambut antusias warga.

Keriuhan teriakan masyarakat yang berdiri di dalam dan luar area bandara semakin kencang saat pesawat berhenti dengan baik dan mematikan mesin. Selanjutnya, rombongan Bupati Yahukimo Abock Busup dan Wabup Yulianus Heluka langsung menuju pesawat serta memberikan kalungan bunga bagi Danlanud serta para kru Hercules.

Bupati Abock yang di saat yang sama merayakan setahun kepemimpinannya bersama Yuliaus Heluka (wabup) mengatakan hal ini dilakukan demi pembangunan di sana serta sesuai keinginan masyarakat.

“Ini sesuai permintaan masyarakat, selama ini memang ada monopoli penerbangan sehingga harga tiket dan kargo relative mahal. Makanya kita sudah perluas bandara dan bisa didarati pesawat ukuran besar. Selain Trigana dan Wings Air yang sudah melayani rute Dekai, kita tambah lagi dengan kerja sama TNI AU untuk Hercules melayani di Yahukimo. Dan hari ini adalah hasilnya,” papar Abock.

Dirinya berharap, dengan masuknya Hercules ke Dekai, masyarakat bisa terbantu untuk akses pembangunan serta transportasi. Dalam kesempatan itu, Bupati Abock juga memberikan hibah tanah seluas 30 hektare kepada pihak TNI AU, untuk dipergunakan membangun kantor ataupun perumahan bagi anggotanya. Selain itu, akan juga dibangun hangar bagi pesawat Hercules di Bandara Dekai.

Penyerahan Tanah hibah 30 hektare bagi TNI AU oleh Bupati Yahukimo Abock Busup kepada Danlanud Jayapura Kolonel Erwan, langsung dilakukan di lokasi tanah yang terletak di pinggir jalan pusat kota Dekai. Penyerahan ditandai penandatanganan naskah hibah penyerahan oleh kedua belah pihak dan para saksi dari unsur legislatif dan pemerintahan lainnya.

“Kita berharap dengan masuknya pesawat Hercules dan TNI AU di Dekai, bisa membawa perubahan yang lebih baik. Tanah 30 hektare ini kami berikan gratis, silakan kapan saja kami menanti pihak TNI AU datang dan membangun di sini. Kami hanya berharap TNI AU dapat memberdayakan juga masyarakat asli Yahukimo,” pinta Abock.

Sementara Danlanud Jayapura, Kolonel Erwan Andrian mengatakan, atas nama korps dan keluarga besar mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah Yahukimo. “Kita telah bersama Bupati menghadap pimpinan dan kini pesawat Hercules bisa melayani rute Dekai. Kami sangat mengapresiasi pemberian tanah seluas ini. Ke depan kita siap bekerja sama membangun Yahukimo dan memberdayakan masyarakat,” ujarnya. (OL-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...