Harimau Berkeliaran Memangsa Sapi Milik Warga

WARGA Desa Wonosari, Kecamatan Timiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang resah dengan keberadaan harimau liar yang memasuki permukiman mereka. Sejak sepekan terakhir ini harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) itu keluar-masuk di perkampungan dan memangsa ternak sapi mereka.

Informasi yang diperoleh Media Indonesia, Selasa (2/5), warga yang beraktivitas di kebun lereng perbukitan setempat beberapa waktu lalu sempat kepergok harimau besar tersebut. Untuk menghindari konflik petani menghindar tidak jadi beraktivitas di kebun dan lebih memilih langsung pulang. “Bekas tapak kaki harimau banyak didapati di kawasan perlebunan dan sekitar pinggiran hutan” kata Akhi, warga setempat.

Warga khawatir hal itu bisa menimbulkan konflik dengan harimau sehingga menimbulkan korban. Mereka berharap pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) secepatnya mencari solusi. “Ini bahaya sekali, apalagi telah berkeliaran di sekitar kita dan sudah sempat mangsa sapi piaraan” kata warga lainnya.

Turunnya harimau liar ke perkampungan warga tersebut dikhawatirkan semakin sering terjadi karena kemungkinan besar habitat mereka rusak akibat aktivitas penebangan kayu di hutan yang semakin masif.(OL-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...