Hari Keluarga Momen Penting Pembangunan Manusia Indonesia

PEMBANGUNAN keluarga menjadi hal yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal anak sejak dilahirkan.

Pentingnya keluarga diperingati bangsa Indonesia melalui peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh setiap 29 Juni. Hal itu ditetapkan dalam Keputusan Presiden RI No 39 Tahun 2014. Harganas diperingati setiap tahun oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait, melibatkan mitra kerja lainnya seperti Tim Pengerak PKK.

Tahun ini, Provinsi Lampung yang pernah menjadi tuan rumah Harganas I pada 1993 akan kembali menghelat puncak peringatan Harganas ke-24. Acara pada 15 Juli mendatang yang akan dihadiri antara lain oleh Presiden Joko Widodo itu mengusung tema Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan.

Peringatan Harganas kali ini kembali mengangkat arti penting delapan fungsi keluarga dalam membangun keluarga yang berketahanan. Proses ini dapat dilakukan dalam bentuk pendidikan, pengasuhan, pembiasaan, dan keteladanan.

Delapan fungsi keluarga tersebut ialah fungsi agama dengan 12 nilai dasar yang mesti ditanamkan setiap keluarga, yaitu iman, takwa, kejujuran, tenggang rasa, rajin, kesalehan, ketaatan, suka membantu, disiplin, sopan santun, sabar dan ikhlas, serta kasih sayang.

Kedua, fungsi sosial. Keluarga bertanggung jawab menanamkan nilai-nilai luhur yang selama ini menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, seperti toleransi dan saling menghargai, gotong royong, sopan santun, kebersamaan dan kerukunan, kepedulian, dan cinta tanah air atau nasionalisme.

Ketiga, fungsi cinta kasih. Kasih sayang menjadi komponen utama dalam membentuk karakter seorang anak. Keempat, fungsi perlindungan. Keluarga harus memahami dan menanamkan lima nilai dasar, yaitu aman, pemaaf, tanggap, tabah, dan peduli.

Kelima, fungsi reproduksi. Dalam menjalankan fungsi itu, keluarga berkewajiban menanamkan tiga nilai dasar, yakni tanggung jawab, sehat, dan teguh.

Keenam, fungsi sosialisasi. Keluarga harus memanamkan beberapa nilai moral utama, yaitu percaya diri, luwes, bangga, rajin, kreatif, tanggung jawab, dan kerja sama.

Ketujuh, fungsi ekonomi. Keluarga harus dapat menjadi tempat membina dan menanamkan nilai-nilai keuangan agar terwujud keluarga sejahtera.

Terakhir, fungsi lingkungan. Semangat peduli lingkungan dapat ditanamkan dengan mengajarkan beberapa sikap dasar kepada anak-anak, yaitu bersih, disiplin, pengelolaan, dan pelestarian.

Kiat
Dalam semangat merayakan Harganas, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty memberikan sejumlah kiat bagi para keluarga Indonesia. Pertama ialah berkumpul dengan keluarga.

“Upayakan agar keluarga dapat berkumpul pada Hari Keluarga Nasional setiap 29 Juni. Karena tanggal ini bukan hari libur, makan pagi sebelum berangkat aktivitas atau makan malam bersama bisa menjadi pilihan kegiatan. Luangkan waktu bersama dengan keluarga. Pakai aturan tidak ada gawai alias no gadget, televisi, atau alat elektronik lainnya. Makan bersama dapat dilakukan di rumah untuk menambah keakraban. Memasak makanan dengan dibantu anak-anak akan menjadi kegiatan asyik. Kemudian, mulailah mengagendakan waktu berkumpul minimal 20 menit dalam sehari,” kata dia.

Kedua, interaksi dengan anggota keluarga melalui adanya waktu khusus untuk saling bicara dan berbagi pengalaman serta bercengkerama dengan semua anggota keluarga tanpa menggunakan gawai.

Ketiga, menjadikan keluarga berdaya dengan kegiatan yang memungkinkan keluarga dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki sehingga tidak bergantung pada orang lain.

“Terakhir, peduli dan berbagi. Banyak hal yang dapat dilakukan keluarga untuk berbagi dan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Keluarga yang mampu dan beruntung harus mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya,” tandas Surya.
Selamat Merayakan Harganas dengan Keluarga Tercinta! (Gnr/S2-25)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...