Hari Ini Jakarta dan Sekitarnya Akan Diguyur Hujan Ringan

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Jabodetabek akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Jumat (14/4/2017).

Hujan diprediksi mulai turun pada siang hari dan pada malam hari nanti Jabodetabek hanya diselimuti awan tebal tanpa hujan.

Menurut laman BMKG, www.bmkg.go.id, hujan lokal akan mengguyur wilayah Bekasi, Jakarta Selatan, dan Tangerang.

Sebaliknya wilayah Bogor dan sekitarnya diguyur hujan petir, sementara wilayah Depok hanya hujan ringan.

Cuaca di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu, diperkirakan berawan.

Sebelumnya diberitakan, hujan lebat yang cukup panjang di daerah Bogo rmenyebabkan kenaikan debit Sungai Ciliwung bagian hulu.

Tinggi muka air sungai Ciliwung terus meningkat sehingga menyentuh pada level Siaga 2 yaitu 170 centimeter pada Kamis (13/4/2017) pukul 20.30 Wib.

Hingga pukul 21.15 Wib, tinggi muka air Sungai Ciliwung masih 170 centimeter atau Siaga 2. Hujan deras masih terus berlangsung di Bogor.

BPBD Kota Bogor dan BPBD DKI Jakarta terus memantau perkembangan debit Sungai Ciliwung, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya yang diterima Warta Kota, Kamis (13/4) malam.

Warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung dihimbau untuk waspada akan datangnya banjir kiriman.

Daerah bantaran sungai yang diperkirakan terdampak banjir adalah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu. Daerah ini merupakan daerah langganan banjir karena berada di bantaran sungai.

BPBD DKI Jakarta telah menyampaikan peringatan dini banjir kepada berbagai pihak.

Penyebaran informasi kepada warga bantara kali, atas Kenaikan Tinggi Muka Air Katulampa 170 cm/H (siaga 2) melalui Sosial Media, seperti Twitter, Facebook, BBM, Whatsapp dan Website.

Penyerbaran informasi melalui Peringatan Dini Disaster Warning System (DWS), Wilayah Bidara Cina dan Kampung Melayu sudah di aktifkan, Bendung Katulampa pukul 20.30 WIB, TMA 170 cm/H (siaga 2).

Penyebaran memalui SMSBLAST sudah di aktivkan sesuai SOP masuk (siaga 2).

Diperkirakan banjir tidak terlalu besar karena di wilayah Jakarta tidak terjadi hujan lebat.

Kondisi sungai Ciliwung di Depok dan Manggarai kondisi normal sehingga adanya tambahan kenaikan debit banjir tidak akan luas dan besar.

Sumber Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...