Harga Gabah Simpan di Indramayu Naik

HARGA gabah simpan milik petani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami kenaikan. Bulog Indramayu siap menyerap. Berdasarkan pantauan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Indramayu, harga gabah kering simpan di tingkat petani saat ini ditawar tengkulak Rp5.000 per kg. Harga itu naik jika dibandingkan dengan seminggu lalu hanya Rp4.500 hingga Rp4.800 per kg. “Kenaikan harga gabah ini salah satunya disebabkan panen rendeng yang sudah berakhir,” kata Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Indramayu Sutatang, Senin (24/4).

Untuk petani yang belum panen rendeng, hanya sebagian kecil terutama di Kecamatan Patrol, Sukra, Anjatan, dan Bongas. Penyebabnya mereka melakukan tanam tiga kali pada 2016 sehingga baru panen pada Januari 2017. Sutatang menambahkan berakhirnya masa panen membuat sejumlah petani memilih menyimpan gabah mereka. Mereka baru bersedia mengeluarkan simpanan gabah jika ada yang berani membeli dengan harga tinggi.

Selain berakhirnya panen rendeng, kenaikan harga gabah disebabkan berkurangnya produksi panen milik petani. Hal itu disebabkan banyaknya serangan berbagai organisme pengganggu tanaman pada tanaman padi, seperti ulat grapyak, wereng, dan tikus.

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...