Gundala Putra Petir Buku Cerita Favorit Jokowi

GUNDALA Putra Petir dan cerita silat karya Asmaraman Kho Ping Ho adalah buku atau komik favorit Presiden Joko Widodo saat ia masih kecil.

“Banyak sekali saya dulu yang saya baca kalau komik ya Gundala Putra Petir, kemudian (cerita silat karya) Kho Ping Ho,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Halaman Tengah Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/5). Pada kesempatan itu digelar acara Gemar Membaca dalam rangka Hari Buku Nasional bersama Presiden RI.

Presiden pada kesempatan itu mendongeng untuk siswa-siswa dari sejumlah sekolah di Jakarta yang diundang ke Istana secara khusus untuk mengikuti acara tersebut. Jokowi kemudian mengaku juga menyukai cerita-cerita wayang termasuk cerita Petruk dan Gareng yang jenaka. “Cerita-cerita wayang banyak sekali, selalu saya baca Petruk Gareng, saya ingat selalu saya baca,” katanya.

Terkait dengan dongeng, Jokowi mengaku tidak pernah secara khusus belajar mendongeng tetapi ia mengaku sering didongengi oleh sang kakek. “Dulu sering didongengi oleh kakek saya, sering diberikan dongeng-dongeng seperti yang saya ceritakan tadi,” kata Presiden yang mendongeng cerita Lutung Kasarung kepada anak-anak.

Presiden sekaligus menekankan pentingnya meningkatkan budaya baca anak-anak Indonesia. Ia sendiri mengaku selalu menyempatkan diri untuk membaca. “Selalu saya waktu luang di pesawat, di mobil saya gunakan untuk membaca,” kata Presiden.(OL-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...