Gubernur: Budayakan Minum Jamu Gendong

TEMBILAHAN — Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mendorong warganya membudayakan minum jamu gendong. Menurutnya jamu gendong baik untuk kesehatan.

“Gerakan ini sudah dicanangkan secara Nasional oleh Presiden,” kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (Andi) saat pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Inhil, Ahad (30/4).

Andi menyebutkan gerakan ini bagian dari Germas yang akan akan dilaksanakan pada seluruh kabupaten/kota se-Riau. “Saat ini pencanangannya giliran Inhil, Kota Tembilahan,” sebut Andi.

Andi juga sangat mendukung kegiatan ini karena sebagai upaya menciptakan sumber daya manusia Riau yang handal dan tangguh. Andi juga langsung mencontohkan minum jamu gendong bersama istri di pojok jamu Diskes Provinsi Riau.

Sementara itu Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir membenarkan program minum jamu gendong ini akan di galakkan di Riau. Karena itu baik bagi kesehatan masyarakat setempat. Sebab terbuat dari ramuan alami tanpa bahan kimia. “Jamu adalah obat-obat tradisional ini salah satu program germas. Meminumnya tanpa beresiko,” kata Mimi.

Menurut Mimi jamu gendong sebenarnya sudah menjadi minuman tradisional itu digerakkan Presiden dibumikan namun dengan syarat higenis dan terjamin sanitasinya. Untuk itu sebutnya akan ada upaya dan pembinaan dengan cara melihat ketempat pembuatan penyuluhan dan sanitasi industri jamu gendong di Riau lewat dinas teknis.

Sumber Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...